Konsumsi Makanan Berikut Bisa Ganggu Kesehatan Otak

Diposkan oleh : pada tanggal 31 Oct. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Masalah Kesehatan

“Anda adalah apa yang Anda makan”. Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan tersebut. Ungkapan tersebut memang ada benarnya. Kesehatan Anda secara langsung atau tidak juga dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi. Bahkan makanan pun dipercaya juga mempengaruhi suasana hati seseorang.

Membahas mengenai makanan, semua sumber makanan pasti memiliki manfaat tersendiri. Setidaknya bisa membuat Anda merasa kenyang ketika lapar. Walaupun begitu, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi makanan apa saja. Karena ada beberapa jenis makanan yang justru bisa merusak organ tubuh, salah satunya dapat mengganggu kesehatan otak, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

konsumsi-makanan-berikut-bisa-ganggu-kesehatan-otak

Berikut ini 4 jenis makanan yang bisa ganggu kesehatan otak :

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji secara umum cenderung memiliki kadar lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa makanan cepat saji juga bisa memberikan efek tidak biasa pada tubuh seperti rasa tidak sabar, makan terlalu banyak dan cepat serta tertarik pada gula bahan depresi. Sebaiknya kurangi tingkat konsumsi makanan cepat saji menjadi 1 kali dalam seminggu aatu tidak mengonsumsinya sama sekali akan jauh lebih baik.

Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu sumber makanan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, daging merah ini juga ternyata dapat mengganggu kesehatan otak. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan plak di otak yaitu kerusakan yang disebabakn oleh radikal bebas dan radang (Inflamasi). Potongan daging kaya lemak baik daging sapi, babi, domba, sosis atyau kulit ayam kaya akan lemak jenuh. Asupan lemak ini harus dibatasi untuk mengurangi pertumbuhan plak di otak. Porsi daging merah yang disarankan adalah 4 porsi perminggu.

Gorengan

Gorengan dalam artian makanan yang diproses dengan cara di goreng. Makanan seperti ini sering diproses dengan menggunakan lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Makanan seperti ini juga akan mengacaukan nutrisi, baik dalam tubuh dan bahkan berpotensi memicu penyakit alzheimer dan peradangan lain.

Keju

Siapa yang tidak suka dengan salah satu makanan olah susu ini. Konsumsi makanan sumber lemak jenuh dan olahan susu kaya lemak harus di batasi untuk mengurangi inflamasi pada otak. Makanan yang kaya akan lemak juga bisa menyebabkan inflamasi di bagian tubuh lain. Asupan yang disarankan adalah kurang dari 1 porsi dalam seminggu.

By. Sri

Konsumsi Makanan Berikut Bisa Ganggu Kesehatan Otak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
“Anda adalah apa yang Anda makan”. Mungkin Anda pernah mendengar ungkapan tersebut. Ungkapan tersebut memang ada benarnya. Kesehatan Anda secara langsung atau tidak juga dipengaruhi oleh apa yang Anda konsumsi. Bahkan makanan pun dipercaya...
Gaya Hidup Sehat Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *