Kondisi Yang Menjadi Penyebab Anda Cepat Merasa Lelah

Diposkan oleh : pada tanggal 4 Jul. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Saat Anda mulai meraskaan jika tubuh benar-benar merasa lelah, artinya Anda harus mulai beristirahat dari kegiatan / rutinitas yang mulai menyita waktu. Akan tetapi, pada sebagian besar orang, mereka mengalami rasa lelah tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini sebenarnya memang bisa terjadi, dan disebabkan oleh kondisi yang tidak diketahui.

Kondisi Yang Menjadi Penyebab Anda Cepat Merasa Lelah

Tips Sehat kali ini akan berbagi informasi mengenai beberapa Kondisi Yang Menjadi Penyebab Anda Cepat Merasa Lelah seperti yang dilansir dari laman HaloSehat, diantaranya :

1. Dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi yang wajar terjadi saat kita kekurangan minum setelah tubuh kehilangan cairan dalam proses metabolisme dan reaksi biokimia tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan air minum, sangat bervariasi bagi setiap orang bergantung dengan berat badan, usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. Nah, salah satu kondisi kesehatan yang dapat membuat Anda dehidrasi adalah penyakit Diabetes. Kadar gula darah yang semakin tinggi memungkinkan tubuh Anda untuk menarik cairan dari jaringan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Ini dapat terjadi meski orang dengan Diabetes selalu merasa haus dan minum yang banyak karena mereka juga akan sering pipis. Kedua hal ini adalah beberapa gejala Diabetes yang khas.

2. Tidur pada waktu yang tidak tepat.

Perubahan waktu tidur juga dapat menjadi penyebab tubuh menjadi terasa lelah dan tidak bertenaga. Kondisi ini pun umum dialami oleh seseroang yang mengalami kekurangan waktu tidur atau memiliki kerja shift malam yang membuat mereka lebih aktif pada malam hari. Cara untuk memperbaiki pola tidur tersebut antara lain dengan segera mencoba terlelap pada malam hari dan menghindari paparan blue light (cahaya biru) saat berusaha untuk tidur.

3. Depresi.

Depresi menjadi salah satu penyebab cepat lelah yang mungkin Anda alami. Depresi, menyebabkan Serotonin (zat kimiawi di otak) mengalami gangguan keseimbangan. Padahal jika Anda belum tahu, Serotonin penting untuk mengantur “jam tubuh”. Akibatnya, orang dengan depresi merasa selalu lelah dan tidak berenergi. Dari beberapa mereka pun sulit untuk tidur di malam hari dan terbangun terlalu dini di pagi hari.

4. Kekurangan waktu tidur.

Rata-rata kecukupan waktu tidur untuk orang dewasa adalah 7-9 jam waktu tidur malam. Kurang tidur hanya 4-6 jam dapat menyebabkan tubuh cepat lelah dalam hitungan hari jika terjadi secara terus menerus. Jika Anda mengalami kekurangan waktu tidur maka segara perbaiki waktu tidur pada malam berikutnya.

5. Hipotiroidisme.

Kelenjar tiroid berperan yang sangat penting karena mensekresi hormon yang dibutuhkan oleh berbagai fungsi tubuh seperti pengaturan temperature tubuh, detak jantung, produksi protein, metabolisme hingga tingkat energi tubuh. Hipotiroid merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid tidak terlalu aktif. Ini dapat membuat seseorang merasa selalu capek dan mengantuk.

6. Kurang aktivitas fisik.

Gaya hidup sedentari alias mager (malas gerak) merupakan salah satu penyebab dari gangguan mood, ketidakseimbangan hormone, resistensi insulin dan gangguan waktu tidur yang juga dapat berdampak pada penurunan metabolisme dan energi tubuh. Menjadi lebih aktif merupakan salah satu cara mengatasi rasa lelah, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara lebih sedikit menghabiskan waktu untuk duduk, lebih banyak berjalan atau memulai rutinitas aktivitas fisik sebelum dan sesudah bekerja.

7. Anemia.

Anemia termasuk masalah kesehatan yang sering kali tidak terdeteksi. Kondisi anemia dapat menimbulkan rasa lelah karena asupan distribusi oksigen dalam darah untuk mencapai sel dan jaringan cenderung lambat dan terlalu sedikit. Kelelahan yang disebabkan anemia cenderung spesifik misalnya tetap merasa lelah walaupun cukup waktu tidur, otot terasa lemas dan sulit berkonsentrasi, dalam kasus yang serius dapat menyebabkan sesak napas dan gangguan fungsi jantung. Anemia penyebab rasa lelah dapat diperbaiki dengan suplementasi nutrisi terutama Zat besi dan Vitamin B12 serta asupan Vitamin C yang mencukupi untuk membantu penyerapan mineral.

Semoga bermanfaat, salam!

Posted by Hani H.

Kondisi Yang Menjadi Penyebab Anda Cepat Merasa Lelah Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Saat Anda mulai meraskaan jika tubuh benar-benar merasa lelah, artinya Anda harus mulai beristirahat dari kegiatan / rutinitas yang mulai menyita waktu. Akan tetapi, pada sebagian besar orang, mereka mengalami rasa lelah tanpa sebab...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *