Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 9 May. 2016 Kategori Makanan Sehat Minuman Sehat

Tips Sehat Online,- Temulawak yaitu tanaman dari keluarga Zingiberaciae yang sama seperti jahe, kunyit & lengkuas. Temulawak mempunyai nama latin curcuma xanthorrhiza yang merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan, tanaman ini asli dari indonesia, khususnya dari pulau jawa.

Dari dahulu temulawak sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Temulawak mengandung zat kurkumonoid & minyak asiri kurkumonoid. Kurkuminoid ialah zat pemberi warna kuning pada rimpang yang bersifat antibakteria, antikanker, antitumor, antiradang & mengandung antioksidan & hypokolesteromik.

Kajian & penelitian atas temulawak sudah membuktikan bahwa rimpangnya banyak mengandung zat kimia positif yang bermanfaat terhadap kesehatan organ dalam manusia seperti empedu, hati & pankreas. Pengaruhnya pada empedu yakni bisa mencegah pembentukan batu & kolesistisis. Zat pada temulawak dapat merangsang sel hati untuk membuat empedu, mampu mencegah penyakit hepatitis, membantu menurunkan kadar SGOT & SPGT dan sebagai anti-hepatotoksik. Tidak Cuma itu, juga dapat merangsang fungsi pankreas , menambah selera makan, berkemampuan merangsang perjalanan system hormon metabolisme & fisiologi tubuh. Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan

1.Penambah nafsu makan Kandungan minyak atsiri dalam temulawak ternyata memberikan efek karminativum, maka .mengonsumsi temulawak bisa bermanfaat buat meningkatkan nafsu makan. Bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

2. Memperbaiki fungsi pencernaan

Serbuk rimpang temulawak akan meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung maka mampu membantu metabolisme & juga mengurangi kontraksi usus halus. Bahkan maag akut sekalipun akan berangsur-angsur sembuh bila kita telaten meminum air sari temulawak.

3. Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin pada temulawak berperan sebagai antiradang yang jumlahnya setara dengan 100 mg fenilbutazon yang bisa mengurangi nyeri & juga radang sendi.

4. Menurunkan lemak darah

Ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoidnya dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan juga meningkatkan kadar HDL pada kolesterol. Komponen yang berperan dalam menurunkan kadar lemak darah adalah kurkumnoid.

5. Untuk mengontrol kolesterol

Temulawak juga berkhasiat dapat meningkatkan aliran empedu dari dalam kandung empedu ke hati. Cairan pada empedu yang pahit & berwarna hijau tersebut berperan dalam proses penyerapan sari makanan biar tak terganggu maka dapat mengontrol untuk mampu menormalkan kolesterol jahat yang ada dalam darah.

6. Melancarkan ASI

Minum air temulawak dapat melancarkan & meningkatkan ASI. Cara membuatnya sangat mudah, parut atau haluskan temulawak setelah itu di rebus. Cara minumnya dicampurkan satu sendok madu dalam satu gelas yang berisi temulawak kemudian diminum setiap pagi & sore hari.

7. Menangkal radikal bebas

Kandungan gizi yang sangat banyak mampu menangkal radikal bebas maka manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh ini dapat membuat keadaan tubuh lebih kebal dari berbagai serangan penyakit.

8. Menyehatkan jantung

Temulawak juga mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan kesehatan jantung telah dilakukan sejak nenek moyang. Temulawak memang mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh , tak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung anda.

9. Menjaga kesehatan ginjal

Temulawak juga alternatif obat herbal untuk mengatasi penyakit ginjal. Kerja ginjal yang bermasalah dapat diobati dengan meminum temulawak ini. Manfaat temulawak untuk kesehatan ginjal yang sangat besar ini sangat layak dicoba bagi anda yang sedang bermasalah dengan ginjalnya.

10. Mengobati sakit kepala & masuk angin

Nutrisi yang terkandung pada temulawak diyakini baik sekali sebagai pengobatan sakit kepala atau masuk angin. Minumlah 2-3 gelas temulawak diwaktu kepala sakit maka sakit kepada dapat reda & tubuh jadi sehat juga bugar.

11. Meredakan sakit perut ketika menstruasi

Terkadang , perempuan saat menstruasi akan merasakan nyeri dibagian perut. Supaya rasa nyeri itu mereda, dianjurkan untuk meminum ramuan tradisional temulawak sebab dapat mengurangi nyeri menstruasi. Temulawak mengandung nutrisi yang bersifat dingin maka akan mengurangi rasa nyeri.

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Temulawak yaitu tanaman dari keluarga Zingiberaciae yang sama seperti jahe, kunyit & lengkuas. Temulawak mempunyai nama latin curcuma xanthorrhiza yang merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan, tanaman ini asli...
Makanan Sehat Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *