Khasiat Tanaman Bunga Kembang Kertas

Diposkan oleh : pada tanggal 1 Sep. 2015 Kategori Tips Sehat

Tanaman bunga kembang kertas, yang memiliki nama Bougainvillea termasuk tanaman hias poluler. Dengan bentuk pohon kecil yang tidak bisa tumbuh tegak, menjadikan tanaman ini indah karena bunga yang tumbuh sangat banyak dan berwarna cerah sehingga sangat menarik untuk dijadikan tanaman hias di halaman rumah.

Khasiat Tanaman Bunga Kembang Kertas

Tapi, apa Anda tahu bahwa tanaman bunga kembang kertas ini tidak hanya juga dapat bersifat keindahan saja, namun memiliki beberapa khasiat. Ya, sebagian para ahli menyebutkan bahwa sifat kimia dari tanaman bunga kembang kertas ini adalah anti inflamasi (peradangan)serta sebagai peluruh kencing (diuretik). Beberapa masyarakat bahkan menjadikan bunga kembang kertas sebagai ramuan obat tradisional untuk beberapa penyakit seperti disentri, batuk rejan, kencing bernanah, sakit pada puting susu dan bisul. Tanaman Bunga Kembang Kertas atau Bougainville atau bugenfil ini mempunyai rasa pahit, kelat, dan hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bugenfil di antaranya betanidin, isobetanidin, 6-o-P-saphoroside, dan 6-o-rhamnosysophoroside.

Lalu bagaimana cara mengolah tanaman bunga kembang kertas sebagai pengobatan? Simak selengkapnya berikut ini.

1.Bisul
Cuci bersih bunga bugenfil dan daun cocor bebek (Kalanchoe pillnata {Lam.}Pers.) secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul peed’. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.

2. Biang keringat dan gatal-gatal (pruritis)
Cuci bersih bunga bugenfil, daun sirih (Piper betle L.), dan daun lidah buaya (Aloe uera) yang sudah dikupas, masing-masing secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mengental lalu dinginkan. Oleskan cairan kental (gel) ini pada biang keringat dan bagian yang gatal. Lakukan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan sampai biang keringat serta gatal-gatal hilang. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.

3. Hepatitis
Cuci 15 g batang bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat sebanyak 1 gelas sehari.

4. Haid tidak teratur
Cuci bersih 9-15 g bunga bugenfil dan 15 g umbi rumput teki (Cyperus rotundus L.) sampai bersih. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 1 gelas sehari.

5. Keputihan (leucorrhea) dan nyeri haid (dysmenorrhea)
Cuci bersih 9-15 g bunga bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

6. Sakit waktu haid dan darah haid menggumpal
Cuci bersih 15 g bunga bugenfil, 15 g bunga mawar, dan 70 g daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

7. Terlambal haid
Cuci sampai bersih 15 g bunga bugenfil, 15 g temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), dan 90 g daun lidah buaya (Aloe vera) yang telah dikupas. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

8. Disentri
Cuci herba kembang kertas dan patiukan kebo, semuanya bahan segar (masing-masing 30 g) tambahkan gula aren sebesar telur puyuh dan rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, minum 2 kali sehari sampai sembuh.

9. Batuk rejan
Rebus herba kembang kertas(30 g) dan gula batu sebesar kelereng (2 buah) dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, minum sekaligus dukali sehari. baca Obat batuk alami.

10. Susah Buang air
Sediakan 30 g kembang kertas bersama 30 g daun sendok atau Plantago mayor L, kemudian rebus menggunakan air 500 cc hingga tersisa separuhnya, setelah itu saring dan minum.

Jika Anda, kebetulan memiliki tanaman bunga kembang kertas di halaman Anda atau dekat dengan lingkungan Anda jangan ragu lagi untuk mencoba pengobatan dengan memanfaatkan tanaman tersebut. Semua penyakit ada obatnya, asalkan kita mau mencari tahu dan berusaha maka pengobatan dari beberapa tanaman yang tidak terduga juga akan bermanfaat.

Bagaimana? Semoga artikel yang terbit hari ini dari Tips Sehat Online mengenai Khasiat Tanaman Bunga Kembang Kertas Untuk Kesehatan dapat bermafaat untuk Anda. Nantikan artikel lain yang lebih menarik, salam!

Khasiat Tanaman Bunga Kembang Kertas Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tanaman bunga kembang kertas, yang memiliki nama Bougainvillea termasuk tanaman hias poluler. Dengan bentuk pohon kecil yang tidak bisa tumbuh tegak, menjadikan tanaman ini indah karena bunga yang tumbuh sangat banyak dan berwarna cerah...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *