Khasiat Di Balik Lalapan Leunca

Diposkan oleh : pada tanggal 15 May. 2015 Kategori Makanan Sehat

Tips Sehat,-Jika anda orang sunda, tentunya anda tidak akan asing dengan salah satu lalapan khas “leunca” yang banyak digemari dan menjadi lalapan andalan di sebagian besar rumah makan khas sunda.

Leunca atau di daerah lain dikenal juga dengan ranti, memiliki nama ilmiah Solanium nigrum yang selain dimanfaatkan sebagai menu masakan, juga dikenal sebagai obat tradisional.

Penelitian Tentang Leunca

 

Khasiat Di Balik Lalapan Leunca
Menurut penelitian yang dilakukan di Cina, leunca mengandung senyawa solasonnie, soladine, solamargine, dan solasine. Senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang tak terkendali. Solasodeine memiliki efek menghilangkan sakit (analgetik), penurun panas, antiradang, dan antidepresi.

Pengobatan yang banyak dijalankan dari berbagai negara dari leunca ini yaitu untuk menyembuhkan atau setidaknya mengurangi serangan rematik. Daun yang telah dikeringkan maupun buah leunca itu sendiri dapt dimanfaatkan untuk membantu mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku, dan nyeri lainnya. Tumbuhan ini juga bahkan dapat mengobati campak atau cacar airm ketergantungan alkohol, gastritis, dan bekas luka bakar.

Tanaman keluarga Solanaceae ini mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah ke penis, sehingga dapat meningkatkan ereksi. Senyawa yang dikandung hampir semua jenis terong-terongan dapat meningkatkan sirkulasi darah. Namun di sisi lain, beberapa hasil penelitian menunjukkan efek negatif tanaman leunca yang dapat menurunkan jumlah sperma, sehingga mengganggu kesuburan, khususnya pada pria.

Bukan hanya itu saja, ternyata masih banyak manfaat leunca terhadap penyakit yang berkaitan dengan kanker. Bahwa senyawa beta-2 solomargine dalam leunca memiliki efek sitotoksik pada jalurtumor HT-29 dan HCT-15 (usus besar), juga senyawa LNCaP dan PC3 yang keduanya adalah dalam prostat, T47D (payudara), dan MDA-MB-231 (payudara). Sedangkan senyawa lain seperti solanine dan steroid memiliki manfaat juga yaitu untuk merangsang apoptosis ataupun program bunuh diri pada sel kanker pada paru-paru.

Setelah mengetahui Khasiat Di Balik Lalapan Leunca ini, sebaiknya anda mulai belajar menyukai leunca bagi yang sebelumnya memang tidak suka atau tidak pernah mengkonsumsinya. Namun ingat, konsumsilah dengan kadar yang tidak berlebihan !

 

 

Khasiat Di Balik Lalapan Leunca Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat,-Jika anda orang sunda, tentunya anda tidak akan asing dengan salah satu lalapan khas “leunca” yang banyak digemari dan menjadi lalapan andalan di sebagian besar rumah makan khas sunda. Leunca atau di daerah...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *