Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Serta Cara Mengolahnya

Diposkan oleh : pada tanggal 24 Apr. 2017 Kategori daun manfaat

Tidak hanya buah sirsak saja yang bisa dimanfaatkan, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai macam penyakit. Sebelum masuk ke pembahasan khasiat daun sirsak untuk kesehatan serta cara mengolahnya, alangkah baiknya mengetahui dahulu tentang kandungan gizinya.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Serta Cara Mengolahnya
Daun sirsak memiliki kandungan gizi yang banyak dan tentunya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah kandungan gizi yang ada pada daun sirsak diantaranya Annomurica A, B, C dan E, Annopentocinas A, B dan C, annohexocina, annomutacina, muricoreacina, gigantetronemina, murihexocina A dan C, javoricina, anonaine, anoniine, atherospermine, coreximine,asam gentisic, asam lignoceric, CLA dan asam strearat.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Diabetes

Khasiat daun sirsak untuk kesehatan adalah dapat memban mengobati diabetes. Cara mengolah daun sirsak juga sangat mudah yaitu sediakan 2-5 lembar daun sirsak, cuci terlebih dahulu hingga bersih, rebus dengan menggunakan 3 gelas air, rebuslah sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini secara rutin 2 kali sehari yaitu di pagi dan di malam hari. Lalu cek kadar gula darah anda.

Kanker

Khasiat daun sirsak untuk menghambat sel kanker sudah diketahui oleh banyak orang. Sehingga sebagian orang menggunakan daun sirsak sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit kanker.

Untuk mengolah daun sirsak sangat mudah yaitu sediakan 10 lembar daun sirsak, cuci terlebih dahulu, rebus dengan air 3 gelas, biarkan hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum air nya bila sudah dingin.

Asam urat

Asam urat dapat di atasi dengan cara alami yaitu dengan minum ramuan daun sirsak. Caranya sediakan 6 hingga 10 lembar daun sirsak yang telah tua, cuci terlebih dahulu, rebus dengan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan ini 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari.

Sakit punggung

Sakit punggung adalah keluhan yang sering dialami oleh orang deasa maupun lansia. Cara mengurangi serta mengobati sakit punggung bisa dengan cara alami yaitu dengan ramuan daun sirsak. Caranya sediakan 20 lembar daun sirsak, cuci terlebih dahulu, rebus dengan menggunakan 5 gelas air. Biarkan hingga mendidi hingga tersisa 3 gelas saja. Minum 3/4 cangkir ramun sekali dalam sehari.

Mencegah infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun sirsak memiliki kandungan nurtisi yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghindari infeksi dalam tubuh manusia. Cara mengolah daun sirsak sangat mudah yaitu sediakan 4-5 lembar daun sirsak, cuci terlebih dahulu, kemudian rebus dengan menggunakan air 4 gelas. Biarkan hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan ini selagi hangat.

Bisul

Khasiat daun sirsak untuk kesehatan adalah sangat bagus untuk kesehatan kulit yaitu dapat mengobati bisul. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 5-10 lembar daun sirsak, cuci terlebih dahulu, haluskan, dan tempelkan pada kulit yang terkena bisul.

Akan tetapi pemakaian daun sirsak untuk pengobatan alternatif juga mempunyai beberapa resiko atau efek samping diantaranya dehidrasi, gangguan asam lambung, sembelit, gangguan fungsi ginjal, dan memperburuk komplikasi penyakit.

Cara mengatasi efek samping dari daun sirsak

  • Gunakan daun sirsak yang masih segar atau sesudah dipetik dari pohonnya.
  • Bila anda menggunakan daun sirsak yang telah diolah jadi teh celup maka pilihlah yang baru diproduksi atau masih jauh dari tanggal kadaluarsa.
  • Jangan minum air rebusan daun sirsak sesudah minum obat kimia
  • Selama minum air rebusan daun sirsak, maka imbangi dengan banyak minum air putih untuk membuat ginjal bekerja lebih baik dan menghindari tubuh dari dehidrasi.
  • Selama minum air rebusan daun sirsak juga konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi untuk mencegah sembelit.

Itulah khasiat daun sirsak, cara mengolah dan efek sampingnya.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Serta Cara Mengolahnya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidak hanya buah sirsak saja yang bisa dimanfaatkan, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif untuk berbagai macam penyakit. Sebelum masuk ke pembahasan khasiat daun sirsak untuk kesehatan serta cara mengolahnya, alangkah baiknya...
daun manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *