Khasiat Buah Merah Khas Tanah Papua Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Oct. 2016 Kategori manfaat

Buah merah atau kuansu merupakan salah satu buah yang tumbuh di tanah Papua, terutama di daerah pegunungan Jayawijaya, Ayamaru Sorong, Timika, Nabire, Manokwari, dan Jayapura. Buah merah ini biasanya dikonsumsi secara langsung ataupun bisa juga diolah dengan cara di rebus, di panggang, atau di masak dalam oven batu.

Buah yang memiliki nama ilmiah Pandanus Conoideus Lamk memiliki buah yang berbentuk lonkong dengan kuncup tertutup daun buah. Panjang buah merah sendiri bisa mencapai 55 cm, diameter 10-25 cm, serta berat 2-3 kg. Secara tradisional, buah merah ini sejak dahulu telah dikonsumsi secara turun temurun, hal itu di sebabkan karena buah merah ini memiliki kandungan manfaat yang melimpah.

khasiat-buah-merah-khas-tanah-papua-bagi-kesehatan

Oleh masyarakat setempat, buah merah ini digunakan untuk mengobati cacingan, juga dijadikan sebagai suplemen untuk kesehatan kulit dan mata. Dalam buah mearah yang berair ini terkandung berbagai macam nutrisi penting yang baik dan dipaerlukan oleh tubuh, seperti protein, energi, karbohidrat, lipid, natrium, alfa-karoten, beta-karoten, citamin C, beta-cryptoxanthin, dan alfa-tokoferol.

Berbagai nutrisi yang terkandung didalam buah merah tersebut tidak boleh dianggap remeh. Karena menurut beberapa penelitian, manfaat dan khasiat buah merah ini bisa dirasakan mulai dari menghambatm sel kanker hingga membuat kita lebih panjang umur.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah merah khas tanah Papua bagi kesehatan :

Antiradang

Manfaat buah merah yang pertama yaitu sebagai antiradang. Minyak buah merah di duga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Mengobati Asam Urat

Buah merah juga memiliki manfaat untuk mengatasi asam urat. Hal tersebut disebabkan karena kandungan tokoferol yang ada didalam buah merah ini mampu mengencerkan darah yang membeku dan memperbaiki fungsi liver. Jika liver telah berfungsi secara noraml, maka produksi asam urat pun akan kembali normal.

Sebagai Antioksidan Beta-karoten

Beta-karoten merupakan salah satu jenis antioksidan yang mampu menghambat oksidasi zat lain dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Beta-karoten diduga dapat mengurangi kepekaan terhadap matahari pada penderita kelainan darah protoporphyria erythropoietic, mengibati penyakit mata degenerasi makula, mengurangi risiko kanker payudara, mengurangi serangan asma ketika berolahraga, mencegah komplikasi penyakit paru terhadap bronkitis ataupun sesak napas pada perokok yang menderita PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), menurunkan gejala oral leukoplakia, mencegah radang sendi agar tidak bertambah parah, menegah risiko kanker ovarium pada wanita yang sudah menopause, meningkatkan performa fisik dan kekuatan otot pada manula, mencegah komplikasi ketika mengandung dan setelah persalinan, serta mengruangi risiko kulit terbakar sinar matahari.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan jenis penyakit tulang akibat terjadinya pengeroposan pada tulang. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan kalsium pada tulang. Maka dari itu, buah merah ini bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi osteoporosis dengan kandungan kalsium di dalamnya yang mampu mencukupi kebutuhan kalsium untuk tulang.

Mengatasi Kolesterol

Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, ekstrak buah merah di duga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL pada tikus yang menderita diabetes ataupun tidak.

Mengatasi Diabetes

Mengonsumsi minyak buah merah dan obat glibenclamide diduga mampu mengruangi kadar gula dalam dara pada tikus yang menderita penyakit diabetes.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah merah Papua ini kaya akan kandungan vitamin A dan beta-karoten, yang mampu membantu dalam menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

Mengatasi Kanker

Beberapa penelitian melaporkan bahwa ekstrak buah merah bisa memiliki aktivitas antikanker. Manfaat buah merah sendiri diduga mampu melawan sel kanker myeloma, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker paru-paru.

By. Sri

Khasiat Buah Merah Khas Tanah Papua Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Buah merah atau kuansu merupakan salah satu buah yang tumbuh di tanah Papua, terutama di daerah pegunungan Jayawijaya, Ayamaru Sorong, Timika, Nabire, Manokwari, dan Jayapura. Buah merah ini biasanya dikonsumsi secara langsung ataupun bisa...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *