Ketahui Posisi Tidur yang Baik dan Menyehatkan

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Jan. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Tips Sehat Online,- Perlu diketahui bahwa posisi tidur yang nyaman dan enak menurut anda itu baik untuk kesehatan.  Menurut para pakar/ahli yang kami ambil dari berbagai sumber mengatakan bahwa ada beberapa posisitidur yang baik dan sehat, namun disisi lain juga ada kelemahannya yang tidak baik bagi tubuh. Posisi tidur seperti apakah itu? Berikut ini posisi tidur yang baik dan menyehatkan.

Ketahui Posisi Tidur yang Baik dan Menyehatkan

Ketahui Posisi Tidur yang Baik dan MenyehatkanTidur Miring

  • Kelebihan

Tidur miring sangat efektif untuk menghindari sakit leher dan punggung, mencegah produksi asam lambung, sekaligus meredam dengkurang. Tidur miring juga sangat baik dilakukan untuk wanita yang tengah mengandung karena akan melancarkan aliran darah.

  • Kelemahannya

Kata Dee Anna Glaser, MD,  yang merupakan seorang profesor dermatologi di Saint Louis University. mengungkapkan bahwa,”Tidur miring tidak bersahabat bagi elastisitas kulit wajah dan payudara. Gesekan salah satu sisi wajah ke bantal bisa memicu keriput, juga tekanan payudara yang tak seimbang mengganggu elastisitasnya”.

Tidur telentang

  • Kelebihan

Posisi ini membantu menghindari rasa sakit diarea leher, sakit punggung, membantu mencegah keripuh di wajah dan payudara, meredam masalah di perut, menjaga tulang punggung agar tidak melengkung. Dengan menggunakan bantal dengan ukuran sedang posisi tidur telentang untuk menyangga kepala agar kerongkongan lebih tinggi dari posisi perut. Ini efektif mencegah asam lambung.

  • Kekurangan

Posisi ini tidak baik untuk mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Tidur Setengah Duduk

  • Kelebihan

Posisi tidur setengah duduk ini sangat baik untuk wanita hamil dan mereka yang memiliki gangguan mendengkur parah. Posisi ini akan memperlancar saluran pernapasan. Menghindari sakit leher dan punggung, mencegah keriput, dan menjaga elastisitas payudara.

  • Kekurangan

Posisi ini melengkung sehingga membatasi pernapasan diafragma

Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah mendengkur. Namun, posisi tidur tengkurap merupakan posisi tidur paling buruk menurut beberapa pakar. Tidur dengan perut menempel di kasur membuat tulang belakang sulit mempertahankan posisi netral. Posisi tersebut juga akan memicu sakit leher karena kepala otomatis akan menghadap ke salah satu sisi dalam waktu cukup lama. Tapi posisi ini sangat baik untuk mereka yang punya masalah mendengkur parah.

Itulah beberapa posisi tidur yang baik dan menyehatkan. Anda pun bisa mengikuti kebiasaan tidur Rosulullah SAW yaitu dengan cara tidur miring, terutama miring ke kanan.

| Posisi Tidur yang Baik dan Menyehatkan

Ketahui Posisi Tidur yang Baik dan Menyehatkan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Perlu diketahui bahwa posisi tidur yang nyaman dan enak menurut anda itu baik untuk kesehatan.  Menurut para pakar/ahli yang kami ambil dari berbagai sumber mengatakan bahwa ada beberapa posisitidur yang baik...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *