Ketahui Pentingnya Manfaat Biji-bijian untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Oct. 2016 Kategori Makanan Sehat

Biji-bijian memiliki kandungan tanin yang membuat rasa mereka sangat pahit, tetapi ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit tersebut, termasuk mendidihkan dan merendamnya ke dalam air sampai mereka mengubah air menjadi cokelat. Meskipun ketersediaan biji-bijian dan nilai gizi yang sebanding, namun masih banyak masyarakat yang kurang suka terhadapnya. Akan tetapi, ketika masyarakat tahu bahwa biji-bijian ini memiliki manfaat untuk kesehatan, mungkin sebagian dari masyarakat yang menyebutkan bahwa mereka tak suka dengannya, akan berbalik menyukainya.

Ketahui Pentingnya Manfaat Biji-bijian untuk Kesehatan

manfaat biji-bijian untuk kesehatan

Menyehatkan kulit

Ada beberapa cara di mana biji-bijian digunakan untuk melindungi kulit, termasuk sebagai agen zat, tapi ini memerlukan tanin langsung larut dari biji. Setelah Anda merendam atau merebus kacang dalam air, air kaya tanin dapat diterapkan pada kulit untuk menenangkan luka bakar dan ruam, untuk mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi peradangan atau luka bakar.

Menyehatkan Pencernaan

Seperti kebanyakan kacang-kacangan, biji-bijian memiliki sejumlah besar serat, yang membuat mereka ideal untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Serat membantu untuk mengatur gerakan usus Anda dan menghilangkan sembelit dan diare. Ini sangat ideal untuk orang-orang yang menderita buang air besar tidak teratur, kram, kembung, dan kesulitan pencernaan lainnya.

Pencegahan diabetes

Salah satu manfaat paling penting dari biji-bijian adalah kemampuan mereka untuk mengatur kadar gula dalam tubuh, sehingga mencegah menjerumuskan glukosa yang dapat menyebabkan diabetes, atau membahayakan orang-orang yang sudah menderita dari penyakit. Isi serat dan karbohidrat relatif kompleks yang ditemukan dalam biji-bijian ini adalah alasan agar anda mulai mengonsumsinya.

Menyehatkan jantung

Biji-bijian dapat menjadi alternatif yang baik untuk diet kesehatan jantung. Terdapat kira-kira lima kali lemak jenuh yang dapat meningkatkan keseimbangan kolesterol dan mencegah obesitas, aterosklerosis, dan kondisi berbahaya lainnya yang mengancam jantung karena lemak jenuh.

Tingkat energi

Ada tingkat tinggi karbohidrat kompleks yang ditemukan dalam biji-bijian, yang menyediakan cadangan energi ketika dikonsumsi. Tepung dan kacang-kacangan sendiri adalah alternatif yang lebih baik daripada “karbohidrat kosong” atau gula sederhana yang memberikan tingkat semburan energi.

Kesehatan tulang

Campuran yang mengesankan dari mineral yang ditemukan dalam biji-bijian, yang mencakup fosfor, kalium dan kalsium, membantu untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah timbulnya osteoporosis. Kalsium adalah salah satu mineral yang paling penting untuk kepadatan mineral tulang, dan ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam biji-bijian.

Aktivitas metabolisme

Salah satu peran penting vitamin B-kompleks terletak pada aktivitas metabolisme tubuh. Walaupun  biji-bijian memiliki bentuk kecil, tetapi mereka dikemas dengan vitamin B, termasuk niasin, Tiamin, riboflavin, dan vitamin B12. Dengan memastikan bahwa kebutuhan metabolik yang baik, sehingga dapat membantu mengatur sejumlah proses enzimatik dalam tubuh yang sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Membantu penyembuhan, perbaikan, dan pertumbuhan

Kandungan Protein merupakan kunci untuk gaya hidup sehat, dan biji-bijian mengandung persentase yang tinggi protein. Ini dapat menjadi pendukung penting untuk pembentukan sel-sel dan jaringan baru, serta perbaikan jaringan rusak dan membantu mempercepat penyembuhan cedera atau penyakit.

Walaupun bermanfaat, konsumsi berlebihan kacang ini dapat menyebabkan mual dan perut marah karena kandungan tannin. Jadi selalu pastikan untuk mengolah biji-bijian dengan benar sebelum dikonsumsi agar tak menimbulkan efek samping seperti yang dijelaskan.

Writed by Novita

Ketahui Pentingnya Manfaat Biji-bijian untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Biji-bijian memiliki kandungan tanin yang membuat rasa mereka sangat pahit, tetapi ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa pahit tersebut, termasuk mendidihkan dan merendamnya ke dalam air sampai mereka mengubah air menjadi cokelat. Meskipun ketersediaan...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *