Ketahui Fakta Mengenai Pengobatan Tradisional China

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Oct. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Saat ini obat tradisional China kembali mewarnai dunia kedokteran setelah 2000 tahun. Pengobatan tradisional China umumnya lebih berfokus pada keterkaitan antara pikiran, tubuh, dan jiwa. Bukan melihat pada suatu penyakit atau gejala yang mengisolasi suatu penyakit.

Belakangan ini banyak orang yang mulai beranggapan bahwa obat tradisional china sebagai bentuk alternatif atau pelengkap pengobatan yang sesuai. Nah, jika Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai pengobatan tradisional China, Berikut ini fakta mengenai pengobatan tradisional china.

Ketahui Fakta Mengenai Pengobatan Tradisional China

Ketahui Fakta Mengenai Pengobatan Tradisional China

Prinsip keseimbangan

Secara prinsip, jantung pengobatan tradisional Cina berkaitan dengan dua prinsip yang berlawanan, yaitu yin dan yang. Kedua hal ini memang sangat lekat dengan keseimbangan, dan orang-orang Cina menyakini bahwa ketidakseimbangan adalah salah satu penyebab penyakit. Selain itu konsep “qi” juga menjadi pusat filsafat medis Cina. Para praktisi medis Cina percaya tubuh memiliki 12 qi atau energi saluran yang masing-masing dihubungkan dengan bagian dari anatomi. Ketika aliran qi seseorang menjadi tidak seimbang, maka ia bisa menjadi penyebab sakit secara fisik atau sakit secara emosional.

Diagnosis

Diagnosis yang dilakukan dengan mewawancarai pasien serta melakukan pemeriksaan nadi dan lidah. Pertanyaan tidak hanya mencakup gejala medis, namun juga mengenai rincian yang dilakukan pasien sehari-hari seperti pola tidur, mimpi dan juga makanan kesukaan. Mengukur denyut nadi adalah salah satu alat diagnostik yang sangat penting. Karena ini melibatkan enam denyutan disetiap pergelangan tangan. Praktisi medis juga akan memeriksa lidah pasien dengan keyakinan bahwa setiap bagian dari lidah berkaitan dengan bagian tubuh manusia.

5 elemen

5 elemen ini diyakini berkaitan dengan orang dan jaringan tubuh manusia seperti elemen kayu, api, tanah, logam dan air. Setiap elemen menghadirkan energi tertentu dengan karakteristik yang khas serta saling berhubungan dengan unsur-unsur lainnya. Adanya ketidakseimbangan menjadi penyebab penyakit.

Akupuntur

adalah stimulasi bagian-bagian luar tertentu dari tubuh yang disebut dengan acupoint atau titik akupuntur. Qi seseorang atau energi vital bersikulasi melalui tubuh dalam serangkaian saluran dan dapat diarahkan dengan merangsang tubuh bagian luar dengan jarum stainless steel yang sangat halus. Terdapat lebih dari 300 titik akupuntur yang diidentifikasi berkaitan dengan masalah kesehatan tertentu.

Herbal

Praktisi pengobatan tradisional Cina menggunakan lebih dari 600 jenis tumbuhan untuk meracik ramuan untuk mengobati ketidakseimbangan energi dan penyakit. Tanaman seperti ginseng dan jahe merupakan bahan dasar dari berbagai pengobatan herbal. tetapi, beberapa ramuan tergantung pada mineral dan bagian-bagian hewan seperti kulit tiram atau tanduk rusa.

Qigong

Adalah postur gerakan kuno yang dipraktikan untuk membuat aliran qi atau energi vital lebih baik. Qigong medila terdiri dari bagian internal dan eksternal. Qigong internal yang mengandalkan gerakan, pernapasan dan visualisasi dipraktekkan oleh pasien sendiri. Sedangkan qigong eksternal mirip dengan terapi sentuhan. Master qigong melakukan penyembuhan pada orang sakit melalui transfer qi.

Umumnya pengobatan tradisional china dengan medis memiliki banyak perbedaan dari metode pengobatan. Pengobatan ini terbilang cukup unik namun memberikan bukti kesembuhan yang nyata pula.

Ketahui Fakta Mengenai Pengobatan Tradisional China Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Saat ini obat tradisional China kembali mewarnai dunia kedokteran setelah 2000 tahun. Pengobatan tradisional China umumnya lebih berfokus pada keterkaitan antara pikiran, tubuh, dan jiwa. Bukan melihat pada suatu penyakit atau gejala yang mengisolasi...
Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *