Ketahui Aturan Penting Saat Minum Jus!

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Jul. 2015 Kategori Minuman Sehat

Selamat datang pada situs tips sehat online, Anda sebagai pengunjung situs kesehatan kami ini pasti sering ataupun cukup menyenangi salah satu kebiasaan sehat, yakni minum jus segar. Ya, minum jus memang baik untuk kesehatan terlebih jika jus buah dan sayur. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa ada aturan-aturan yang harus Anda ketahui tentang minum jus? Minum jus juga tidak boleh sembarangan, Anda harus benar-benar tahu, manfaat dan hal-hal penting yang bisa ditimbulkan dari meminum jus.

Ketahui Aturan Penting Saat Minum Jus!
Daripada berlama-lama, simak beberapa aturan penting saat minum jus berikut ini!

  1. Jus asam bukan untuk dikonsumsi pada pagi hari.
    Senang membuka hari Anda dengan minum jus di pagi hari? Memang, pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk minum jus, karena jus buah mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Agar tidak sakit perut, hindari buah-buahan asam untuk jus di pagi hari. Pisang, pepaya, apel atau wortel bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk jus di pagi hari.
  2. Jangan jadikan jus sebagai pengganti makanan.
    Saat sedang diet atau untuk kesehatan, boleh saja mengganti makan malam Anda dengan segelas jus. Tetapi, bukan berarti sarapan dan makan siang juga hanya dengan minum jus dengan maksud menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makanan lain. Buah-buahan tidak akan dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal, jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Akibatnya, kekebalan tubuh akan melemah.

    Walau berat badan mungkin dapat turun dengan drastis tetapi akan cepat naik saat makan dengan pola yang semula. Karena minum jus tidak mengurangi lemak, hanya mengurangi air dalam tubuh.

  3. Jus bukan pengganti asupan buah yang kita butuhkan.
    Terus-menerus mengkonsumsi jus, tanpa mengkonsumsi buah secara langsung tidak baik. Ini dapat meningkatkan berat badan. Perlunya tetap mengkonsumsi buah segar bermanfaat bagi lambung, karena pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal. Jadi, tetaplah konsumsi buah segar, tidak seluruhnya dapat diganti dengan jus.
  4. Sebaiknya jus diminum beserta ampasnya.
    Jika Anda membuat jus dengan menggunakan juicer, ampasnya akan terpisah. Walau mungkin terasa tidak enak, jangan buang ampas buah yang telah terpisah. Jika menggunakan blender, jangan saring untuk mendapatkan airnya saja, biarkan ampas tetap tercampur dan diminum. Pada ampas buah terdapat serat dan vitamin, yang paling umum adalah vitamin C. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh.
  5. Jangan simpan jus dalam waktu yang lama.
    Jus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore hari menurunkan manfaat dari jus. Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jika tidak bisa mengkonsumsi jus secara langsung, dapat dilakukan dengan cara membuat jus sedingin mungkin, kemudian disimpan dalam termos alumunium yang tertutup rapat. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya membantu mempertahankan vitamin yang ada pada jus selama 4 jam.
  6. Jus tidak selalu rendah kalori.
    Tidak berarti semua buah rendah kalori dan akan membantu diet Anda. Buah seperti alpukat, nangka dan durian adalah buah-buahan dengan kalori tinggi, yaitu sekitar 200 kkal. Jika ingin jus dengan kalori rendah, dapat memilih buah jeruk, apel, melon, semangka atau pir yang kandungan kalorinya sekitar 80 kkal. Jika berat badan berlebih, sebaiknya pilih jus buah dengan kalori rendah.
  7. Jus tidak melulu harus buah
    Benar, jus tidak hanya dibuat dari buah saja, tambahkan sayur-sayuran  sehingga rasanya lebih segar. Rasanya? Tidak kalah enak dan segar, plus menyehatkan!
  8. Jus dengan berbagai variasi.
    Jangan hanya membuat jus dari buah yang itu-itu saja. Misalnya, karena menyukai buah jeruk, setiap hari jus yang diminum hanya jus jeruk. Ganti dengan buah lain yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda agar tubuh memperoleh manfaat. Mengkombinasikan berbagai buah dalam satu gelas jus merupakan cara praktis agar tubuh memperoleh beberapa manfaat dalam satu kali teguk. Campuran jeruk dan apel, pisang dan apel, wortel dan tomat atau apel dan anggur merupakan kombinasi yang dapat dicoba karena memberi beberapa manfaat sekaligus.
  9. Jus dengan tambahan gula, madu atau susu
    Untuk menambah kenikmatan jus, biasanya ditambahkan gula, madu atau susu. Ada beberapa aturan jika ingin menambahkan jus Anda dengan salah satu pasangannya ini. Perhatikan banyaknya gula atau madu yang akan digunakan atau pilihan susu. Jika ingin menambahkan dengan gula, coba ingat-ingat dahulu sudah berapa banyak gula yang Anda konsumsi hari ini. Idealnya, tubuh hanya boleh menerima 50 gr gula per hari. Satu sendok teh gula, beratnya sekitar 4 gram. Jika dari pagi Anda sudah menikmati ice cream, kue, cake atau teh manis, sesuaikan gula yang akan ditambahkan dalam jus agar tidak kelebihan konsumsi gula. Madu merupakan pemanis alami yang mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin dan mineral. Tetapi, kandungan kalori dari madu lebih besar daripada gula. Satu sendok madu memiliki kalori 64 kkal. Maka, jika ingin menambahkan madu, sebaiknya hanya dalam porsi kecil, terlebih rasa madu yang lebih manis dari gula. Menambahkan jus dengan susu membuat jus mendapat tambahan protein, kalsium dan lemak dari susu. Yang harus diperhatikan adalah jenis susu yang akan ditambahkan. Jika tidak ada masalah dengan berat badan, dapat menggunakan susu full cream. Kebalikannya, adalah menggunakan susu low fat jika ingin menjaga berat badan dan agar lemak tidak berlebih.

Bagaimana? Sudah mengetahu dengan lengkap mengenai Aturan Penting Saat Minum Jus? Jika iya, ingat jangan salah lagi jika Anda ingin membuat jus dan pastikan selalu bagaimana cara meminumnya, waktu dan jenis buah atau sayur yang akan diolah menjadi jus. Penerapan pola hidup sehat dengan cara ini banyak digemari orang-orang, karena selain sehat pastinya juga nikmat. Nah, sudahkah Anda membuat satu jus segar yang nikmat untuk hari ini?

Ketahui Aturan Penting Saat Minum Jus!

Ketahui Aturan Penting Saat Minum Jus! Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang pada situs tips sehat online, Anda sebagai pengunjung situs kesehatan kami ini pasti sering ataupun cukup menyenangi salah satu kebiasaan sehat, yakni minum jus segar. Ya, minum jus memang baik untuk kesehatan...
Minuman Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *