Kenali Jenis-Jenis Tanaman Obat Herbal Serta Khasiatnya

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Apr. 2016 Kategori Makanan Sehat

Kini telah banyak sekali yang jual obat herbal kaya khasiat. Obat herbal tersebut biasanya diracik dari beberapa hewan seperti teripang dan kebanyakan juga diracik dari jenis-jenis tanaman herbal.

Di Indonesia sendiri kaya akan sumber daya alamnya, salah satunya yaitu tanaman dan pepohonan. Maka dari itu, sebelum anda menggunakan obat kimia sebagai solusi pengobatan, sebaiknya anda kenali jenis-jenis tanaman obat herbal serta khasiatnya berikut ini.

Jenis-Jenis Tanaman Obat Herbal Serta Khasiatnya

jenis-jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal

  • Seledri

Seledri atau disebut dengan Apium Graviolens selain digunakan sebagai penyedap masakan, namun juga digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan kalsium, fosfor, dll. Tidak jarang, seledri sering digunakan sebagai obat asam urat alami, caranya yaitu dengan direbus beberapa biji seledri untuk segelas air didihkan lalu minum setiap pagi.

  • Blustru

Atau tanaman luffa aegyptica mill disebut juga ketela manis. Tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman obat keluarga yang berkhasiat sebagai obat asma. Caranya yaitu dengan cuci daun blustru muda, simpan diatas nasi panas, lalu makanlah sebagai lalaban setiap hari.

  • Pasak bumi atau tongkat ali

Tanaman jenis ini banyak tumbuh di daerah Kalimantan. Jenis tanaman ini berkhasiat untuk memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu juga, mampu menjadi obat ejakulasi dini.

  • Mengkudu

Khasiatnya telah dikenal sejak dulu, dan tidak asing lagi. Buah yang satu ini sering digunakan sebagai obat herbal terutama sebagai obat herbal penyakit jantung koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya yaitu dengan dibuat jus mengkudu, lalu saring air sarinya dan tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.

  • Lidah buaya

Selain bagus untuk kesehatan rambut, ternyata aloe vera atau lidah buaya ini juga berkhasiat sebagai obat herbal kanker. Cara mengolahnya, kini telah beragam seperti misalnya di Pontianak, kini lidah buaya di buat cendol.

  • Belimbing

Buah belimbing ini kaya akan kandungan vitamin A, B, C, kalsium, dll. Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata buah belimbing juga memberikan khasiat bagi kesehatan yaitu sebagai obat kolesterol tinggi dan penurun tekanan darah tinggi.

  • Temulawak

Rempah-rempah jenis ini memiliki kandungan kurkumin yang berguna sebagai anti radang atau pun anti keracunan empedu. Walaupun temulawak tidak mampu menjadi obat kanker hati, namun temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati penyakit hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama penyakit kanker hati.

  • Daun dewa

Daun ini memiliki kandungan minyak atsiri, saponin, dll. Dimana kandungan tersebut mampu digunakan sebagai obat penyakit stroke atau pencegahnya. Selain itu juga, membantu mengobati luka memar dan menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Tanaman jarak

Jarak memiliki manfaat pada akarnya sebagai anti rematik dan mampu menenangkan. Pada bijinya terasa manis, pedas namun netral. Banyak digunakan sebagai obat kanker rahim, hernia, rematik, TBC, dll. Namun, saat anda mengolah biji jarak menjadi herbal anda harus berhati-hati, karena jika meminum obatnya berlebihan akan menyebabkan keracunana yang ditandai dengan sakit kepala, muntah berak, panas, dll.

Itulah beberapa jenis tanaman herbal yang memberikan khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Meski semua tanaman tersebut baik untuk kesehatan, namun disarankan untuk tetap menjaga pola makan dan gaya hidup anda sehari-hari.

| Kenali Jenis-Jenis Tanaman Obat Herbal Serta Khasiatnya

 

Writed by Ayu

Kenali Jenis-Jenis Tanaman Obat Herbal Serta Khasiatnya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kini telah banyak sekali yang jual obat herbal kaya khasiat. Obat herbal tersebut biasanya diracik dari beberapa hewan seperti teripang dan kebanyakan juga diracik dari jenis-jenis tanaman herbal. Di Indonesia sendiri kaya akan sumber...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *