Kenali Ciri-ciri Stres Pada Anak Usia Dini

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Sep. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan

Selamat datang kembali pada situs Tips Sehat Online, para pembaca setia tentunya tidak sabar ingin mengetahui info menarik lainnya dari situs kami ini.

Kenali Ciri-ciri Stres Pada Anak Usia Dini

Kali ini topik yang cukup menarik, tentang stres yang terjadi pada anak. Ternyata anak juga bisa mengalami stres lho, bukan hanya orang dewasa saja. Maka dari itu diperlukan pemahaman untuk Anda agar tidak membiarkan hal ini terjadi. Untuk mencegah stres pada anak, tentunya Anda harus mengetahui apa saja tanda atau ciri-ciri anak yang mengalami stres bukan? Nah, simak beberapa tanda anak merasakan stres berikut ini seperti dilansir vemale.com, selengkapnya:

1. Menangis

Biasanya orang tua langsung terpancing emosi bila anak-anak mulai rewel lalu menangis tanpa sebab yang jelas. Sebaiknya anda bicara dengan lembut dan tanyakan perasaan anak saat itu. Bisa jadi ada sesuatu yang membuat anak merasa tidak nyaman, namun ia sulit mengungkapkannya.

2. Enggan patuh

Ketika Mom merasa kesal karena anak sering mengabaikan kata-kata anda atau pura-pura tidak mendengar, ini mungkin karena anak merasa sama kesalnya dengan anda, dan pasti beda penyebabnya.
Stres bisa terjadi karena anak merasa jenuh dengan banyak aturan, larangan, serta tuntutan dari orang dewasa atau lingkungan sekitarnya. Karena berpikir tidak ada yang mengerti perasaannya, maka anak memilih untuk berlaku cuek dan semaunya sendiri, dengan harapan orang tua mau bersikap sedikit lebih lunak padanya.

3. Mendadak hiperaktif

Kadang-kadang stres pada anak usia dini diekspresikan dengan cara yang disebut orang tua “nakal”. Anak kecil yang mengalami stres cenderung suka berteriak-teriak marah, sengaja menimbulkan keributan atau kekacauan, bersikap agresif, namun sekaligus sensitif.

Kebanyakan stres yang dialami anak dengan sikap hiperaktif itu dikarenakan kurangnya perhatian dalam keluarga, lingkungan sekolah, atau kejenuhan pada suasana atau orang-orang di sekitarnya. Berharap lebih diperhatikan, anak-anak sengaja membuat gaduh dan bersikap lebih “nakal”.

4. Murung

Ada juga anak-anak yang tampak tenang, tidak bertingkah, namun sebenarnya mengalami stres. Anda bisa mengenali tanda-tandanya dari ekspresi wajahnya yang sering murung, berkurangnya selera makan, atau tidur yang tidak nyenyak. Beberapa anak juga mengalami mimpi buruk saat sedang stres.

Kebiasaan dan sikap anak-anak yang sedang stres umumnya berubah. Mereka cenderung lebih bergantung pada orang tua dan enggan melakukan aktivitas dengan orang lain, bahkan teman sebayanya.

5. Sakit

Siapa bilang anak-anak bisa sakit kepala cuma karena kehujanan? Sama seperti orang dewasa pada umumnya, ketika merasa tertekan, anak-anak juga mengalami sakit kepala, sakit perut, atau merasa tidak nyaman dengan tubuhnya.

Dengan pemahaman orangtua yang telah mengerti bahwa beberapa tanda diatas merupakan ciri-ciri anak mengalami stres, Anda harus bisa menangani hal tersebut. Tentu dengan melakukan tindakan positif, tidak membuat anak semakin tertekan dan jadilah orangtua yang baik untuk buah hatinya.

Nah, bagaimana? Masih banyak info menarik yang akan kami update setiap harinya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan salam sehat selalu untuk Anda dan keluarga!

Kenali Ciri-ciri Stres Pada Anak Usia Dini

Kenali Ciri-ciri Stres Pada Anak Usia Dini Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali pada situs Tips Sehat Online, para pembaca setia tentunya tidak sabar ingin mengetahui info menarik lainnya dari situs kami ini. Kali ini topik yang cukup menarik, tentang stres yang terjadi pada...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *