Kelebihan ASI Eksklusif Dibandingkan Dengan Susu Formula

Diposkan oleh : pada tanggal 23 May. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat Online,- Pemenuhan gizi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, diharuskan untuk tetap mengkonsumsi ASI Eksklusif, karena selain anjuran dokter alasannya adalah bayi dalam usia dini memang sudah cukup hanya dengan mengkonsumsi ASI. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa dan mengetahui bahwa ASI sangat pentng untuk membantu pemenuhan gizi dan nutrisi dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Nah kali ini saya disini, akan berbagi informasi mengenai apa saja kelebihan dari ASI yang penting untuk Anda, calon orangtua ataupun mereka yang selama ini tidak terlalu menganggap bahwa memberikan ASI kepada anak bisa digantikan dengan susu formula, kecuali untuk beberapa alasan.

Kelebihan ASI Eksklusif Dibandingkan Dengan Susu Formula

Kelebihan dari ASI sendiri terbagi menjadi kedalam 3 tahapan, berikut ini selengkapnya.

1. Kolostrum; merupakan cairan yang berwarna kekuning-kuningan yang diproduksi tubuh secara alami pada hari 1-3. Kolostrum memiliki manfaat dengan kandungan protein yang tinggi, guna membentuk antibodi pada tubuh supaya terhindar dari penyakit. Bahkan Kolostrum disebut sebagai imunisasi alami, pada bayi baru lahir.

2. ASI Transisi; diproduksi secara alami steelah tahap Kolostrum, pada hari ke 4 hingga hari ke 10 setelah kelahiran bayi. Pada tahap ini, ASI transisi memiliki immunoglobin protein dan laktosa dengan konsentrasi yang rendah daripada kolostrum. Namun, ASI transisi memiliki jumlah kalori dan kandungan lemak yang tinggi. Jika dibandingkan dengan ASI kolostrum, ASI transisi memiliki warna yang lebih putih seperti susu pada umumnya.

3. ASI Matur; seperti halnya ASI Transisi yang merupakan lanjutan dari Kolostrum, ASI Matur juga merupakan tahap lanjutan setelah ASI Transisi. Keluar setelah 10 hari kelahiran dan seterusnya. Warna dari ASI Matur adalah putih dan kental, kandungan utamanya terdiri dari karbohidrat dan lemak.

Dengan konsumsi ASI Eksklusif, bisa Anda bayangkan beberapa jumlah nutrisi dan kecukupan gizi yang bisa didapat oleh bayi, dan ibu sendiri. Ya, selain baik untuk bayi, dengan menyusui juga dapat menyehatkan ibu. Manfaat ASI lainnya yang perlu Anda ketahui adalah :

  • Meningkatkan kecerdasan bayi.
  • Menambah kekebalan pada tubuh bayi.
  • Lebih terjamin kualitasnya dan aman.
  • Mencegah dari bahaya infeksi usus.
  • Membuat ibu lebih sehat.
  • Mengurangi resiko kanker ovarium.

Itu dia beberapa manfaat jika ibu memberikan ASI Eksklusif pada bayi, bukan hanya manfaat yang baik yang dapat diperoleh bayi saja, tapi ibu juga dapat menjadi lebih sehat tentunya. Jadi, masih berpikir untuk memberi si buah hati susu formula? 🙂

Kelebihan ASI Eksklusif Dibandingkan Dengan Susu Formula |

by : Hani Handayani

Kelebihan ASI Eksklusif Dibandingkan Dengan Susu Formula Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Pemenuhan gizi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, diharuskan untuk tetap mengkonsumsi ASI Eksklusif, karena selain anjuran dokter alasannya adalah bayi dalam usia dini memang sudah cukup hanya dengan mengkonsumsi...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *