Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Feb. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Hidup sehat merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai setiap individu. baik kesehatan jasmani maupun rohani. Namun bagaimana kita akan mencapai hidup sehat jika kita selalu melakukan berbagai kegiatan yang dapat menghambat tercapainya makna sehat yang sebenarnya.

Faktor yang dapat mengganggu kesehatan kebanyakan adalah hal-hal kecil yang sering kita abaikan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan berikut ini.

Beberapa Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan

menahan kentutMenahan kentut

Sebuah penelitian di Selandia Baru menunjukan bahwa ketika anda menahan gas yang seharusnya keluar, maka gas ini akan meningkatkan tekanan di dalam usus besar dan membuat kantung (divertikula). Kantung-kantung ini mampu menyebabkan nyeri perut, sembelit, hingga diare. Jika kantung ini meledak, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti demam, nyeri, bahkan penyakit usus.

Menahan Kencing

Menahan kencing dapat menimbulkan rasa sakit di bagian bawah perut akibat penumpukan tekanan di dalam kandung kemih, ginjal, dan organ tubuh lainnya yang berhubungan degan alat vital tempat keluarnya urin.

Memencet jerawat

Memencet jerawat ternyata dapat membahayakan kesehatan kulit. Kulit justru akan meradang dan menyebabkan jerawat tambah parah.

Menggunakan toilet duduk

Anatomi tubuh manusia sebenarnya tidak sesuai dengan kontur toilet duduk. Jika kita menggunakan toilet jongkok, maka anatomi tubuh bagian bawah menjadi “lurus” dan memudahkan proses pengluaran. Sedangkan jika kita menggunakan toilet duduk, maka akan terjadi kelengkungan di usus atau jalan keluarnya kotoran. Hal ini dapat menimbulkan sembelit, wasir, da, berbagai masalah kesehatan pencernaan lainnya.

mengucek_mataMengucek mata

Kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan kerusakan saraf, kornea, bahkan retina.

Mengorek hidung terlalu dalam

Membersihkan hidung dengan mengoreknya terlalu dalam dapat membahayakan kesehatan. Hal ini dapat menimbulkan luka atau iritasi di dalam hidung.

Mencabut bulu hidung

Bulu hidung diciptakan untuk menghalangimokroorganisme yang akan masuk ke dalam sistem pernapasan. oleh karena itu, tindakan mencabut atau menghilangkan bulu hidung dapat menimbulkan masalah pada kesehatan sistem pernapasan anda.

Tidur tengkurap

Tidur seperti ini menempatkan leher dalam posisi miring di belakang yang bisa menyebabkan rasa sakit atau mati rasa ekstrem di leher.

Duduk dengan posisi merosot ke bawah

Duduk dengan posisi seperti ini dapat menyebabkan nyeri bahu karena otot stabilisator bahu yang dikompresi oleh tulang belikat. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot.

Langsung melakukan peregangan setelah bangun tidur

saat anda bangun tidur dan langsung melakukan peregangan, akan membuat sakit punggung dan leher. Hal ini dikarenakan cakram tulang belakang akan terhidrasi selama tidur sehingga menimbulkan banyak tekanan.

Menyetir jarak jauh tanpa istirahat

Menyetir tanpa henti bisa mengakibatkan terkumpulnya darah di kaki yang bisa menyebabkan pembekuan. Setelah berkendara sekitar 160 km, berhentilah berkendara dan berjalan-jalanlah untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan.

ikat pinggang terlalu kencangMemakai ikat pinggang terlalu ketat

Ikat pinggang yang terlalu ketat bisa menekan intra-abdomen dan menimbulkan refluks asam.

Membawa tas di satu bahu

Meski terlihat feminim, membawa tas hanya di satu bahu akan menimbulkan ketidakseimbangan otot dan nyeri bahu. Jika dilakukan terus-menerus, akibatnya bahu anda bisa berbentuk asimetris. Sebaiknya, gantilah posisi membawa tas selama beberapa hari sekali untuk memberikan kesempatan otot agar terus bergerak.

Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet terlalu sering dan dalam waktu yang lama bisa membuat sendi rahang bergerak dengan konstan. Akibatnya, bisa terjadi kerusakan atau ketidaknormalan dalam otot rahang.

Tak terduga, satu diantaranya atau bahkan hampir semua hal buruk tersebut menjasi kebiasaan yang sering kita lakukan. Dengan mengetahui Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan yang telah kami jelaskan dan dapatkan dari klinikpengobatanalami.wordpress.com. Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu penting untuk anda. 🙂

Kebiasaan yang Mengganggu Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Hidup sehat merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai setiap individu. baik kesehatan jasmani maupun rohani. Namun bagaimana kita akan mencapai hidup sehat jika kita selalu melakukan berbagai kegiatan yang dapat menghambat tercapainya makna...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *