Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kesehatan Mata

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Aug. 2017 Kategori kesehatan

Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kesehatan Mata,- Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Namun, disadari atau tidak, kita seringkali melakukan berbagai kebiasaan yang justru dapat membahayakan kesehatan mata.

Berikut ini merupakan kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kesehatan mata yang sebaiknya dihindari, diantaranya adalah :

  • Kurang tidur

Selian menurunkan fungsi kekebalan tubuh, kurang tidur juga bisa mengganggu kesehatan mata. Ketika kurang tidur, mata biasanya akan bereaksi sebagai tanda bahwa kedua alat penglihatan tersebut memerlukan istirahat lebih. Beberapa tanda yang mungkin ditunjukkan mata adalah mata kering, kedutan, terasa perih, penglihatan kabur, hingga rasa sakit. Jika Anda terlalu sering menahan dan membiarkan rasa tersebut, maka peluang terjadinya kerusakan pada mata akan semakin tinggi.

  • Tidur tanpa membersihkan makeup

Ketika tubuh terlalu lelah setelah melakukan aktivitas seharian, biasanya Anda akan langsung merebahkan tubuh ke tempat tidur tanpa membersihkan diri, teramsuk riasan di wajah. Padahal, tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah dan mata dapat menyumbat kelenjar-kelenjar di sekitar mata.

Kebiasaan tersebut pun bisa meningkatkan risiko iritasi kulit dan jerawat. Untuk menghindarinya, pastikan Anda membersihkan sisa riasan wajah terlebih dahulu sebelum tidur. Selain itu, tidak melepaskan lensa kontak saat tidur juga bisa merusak mata. Akibatnya, kelembaban mata dapat hilang dan memicu terjadinya ulkus kornea.

  • Terlalu lama menatap ponsel dan televisi

Kebiasaan menatap ponsel terlalu lama dapat menyebabkan mata rusak. Hal ini disebabkan karena radiasi yang dipancarkan dapat mengganggu keseimbangan mata. Jika Anda memang diharuskan untuk bekerja dengan menatap layar ponsel terus menerus, maka cobalah untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit.

Untuk mengurangi rasa perih pada mata, Anda bisa melihat benda-benda yang berwarna hijau atau biru yang ada disekitar Anda.

Selain itu, menonton televisi dengan lampu yang dimatikan juga tidak baik bagi mata. Dalam kondisi gelap dan hanya ada satu sumber cahaya, yaitu televisi, bisa membuat mata bekerja lebih keras dan membuatnya cepat lelah.

  • Terlalu banyak menggunakan obat tetes mata

Obat tetes mata memang terkadang cukup membantu untuk meredakan mata merah dan terasa lelah. Namun, tentu saja hal ini memiliki efek samping jika digunakan dalam jangka panjang.

Terlalu sering menggunakan obat tetes mata justru berpotensi menumpul penyakit di mata. Terlebih lagi jika Anda tidak melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin.

By Sri Maryati

Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kesehatan Mata Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kesehatan Mata,- Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Namun, disadari atau tidak, kita seringkali melakukan berbagai...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *