Kebiasaan Salah Yang Dapat Merusak Kulit

Diposkan oleh : pada tanggal 7 Feb. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Kerusakan terhadap kulit dapat terjadi dari beberapa hal yang tanpa anda sadari, salah satu kebiasaan salah yang dapat merusak kulit ialah tidur tanpa membersihkan rias wajah. Dampak buruk akibat dari kerusakan kulit ini tentunya akan berujung pada berkurangnya rasa percaya diri, bahkan apabila kerusakan kulit ini anda abaikan maka dikhawatirkan kerusakan kulit tersebut akan bertamba parah dan memicu terjadinya gangguan kesehatan kulit itu sendiri.

kebiasaan salah yang dapat merusak kulit 02

Kebiasaan Salah Yang Dapat Merusak Kulit

Agar kulit tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya, hindarilah kebiasaan-kebiasan yang dapat merusak kulit. Berikut ini adalah kebiasaan salah yang dapat merusak kulit :

1.Tidur tanpa membersihkan rias wajah

Tidur tanpa menghapus riasan wajah adalah salah satu kebiasaan salah yang dapat merusak kulit. Riasan akan menumpuk di wajah dan membuat pori-pori menjadi tersumbat hingga akhirnya menimbulkan jerawat.

2.Menggunakan terlalu banyak produk kecantikan

Penggunaan beraneka ragam produk kecantikan seperti krim pagi, krim malam, krim mata, serum, krim penghilang bintik-bintik halus, pelembab, dan las bedak dapat membuat kulit frustasi dan rusak.

Kulit hanya dapat menyerap 50% dari apa yang anda terapkan di atasnya, sehingga penggunaan produk kecantikan yuang berlebihan dan bergantian dalam sehari dapat menyebabkan kulit menjadi kusam.

3.Terlalu sering scrubing wajah

Meskipun pengelupasan sel-sel kulit mati pada kulit wajah sangat penting, tapi jangan terlalu berlebihan dan melakukannya dengan kasar. Menggosok muka atau yang dikenal dengan peeling/scrubing dengan tekanan yang terlalu kuat dan terlalu sering dapat menyebabkan iritasi dan memicu timbulnya jerawat.

Jangan melakukan scrubing  lebih dari 1x dalam seminggu dan hindari menggunakan produk yang mengandung bahan abrasif seperti almond. Pilihlah produk cuci muka yang terbuat dari bahan-bahan yang lebih ringan, alami dan lembut di wajah.

4.Sering terpapar sinar matahari

Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat membakar kulit dan berisiko tinggi terkena kanker kulit.  Sinar UV dapat membahayakan jaringan epidermis / lapisan terluar kulit. Semakin lama terpapar makan juga akan semakin membahayakan lapisan kulit di bagian yang lebih dalam serta dapat mempercepat timbulnya garis-garis halus / keriput. Oleh karena itu jangan pernah lupa menggunakan tabir surya setiap hari, Bahkan kulit berminyak dan berjerawat pun juga membutuhkan tabir surya.

5.Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat memamng sangat membuat kita relax, namun ini sangat bahaya bagi anda yang memiliki masalah kulit kering, karena terlalu sering mandi dengan air hangat akan  mengurangi minyak  alami yang sebetulnya sedang dibutuhkan oleh penderita masalah wajah kering, maka dari itu berhati-hatilah.

6.Tidak  cukup tidur

Tidak cukup tidurbelum tentu terbukti dapat merusak kulit sebesar yang dilakukan bahan kimia. Menurut dokter ahli kulit, Clay J.Cockerell, MD, seperti dilansir situs everydayhealth.com (11/12/20013), tidak cukup tidur memang membuat wajah menjadi tiak segar serta membuat anda terlihat keriput dan lelah.
Cobalah sebisa mungkin untuk tidur sebanyak 8 jam sehari dan jadikan istirahat sebagai cara menjaga kesehatan.

7.Stres

Ketika berada dalam kondisi stres, maka tubuh mengeluarkan stres hormon, salah satunya adalah hormon kortisol. Bila hormon kortisol  ini meningkat maka dapat memperpanjang proses inflamasi  yang dapat menurunkan sisitem kekebalan tubuh. Hormon ini merupakan agen pro-aging yang dapat mempercepat proses penuaan.

8.Tidak mendapatkan cukup antioksidan

Biasakan  untuk memenuhi kebutuhan kulit akan antioksidan, stidaknya makan 5 porsi buah-buahan segar dan sayuran perhari. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat menawarkan manfaat perlindungan terhadap radikal bebas, yang mempercepat pemecahan kolagen dalam sel kulit penyebab keriput dan kendur.

Antioksidan yang paling penting bagi kesehatan kulit adalah vitamun A, C dan E. Gunakan krim untuk kulit yang mengandung ketiga vitamin tersebut atau mengambil suplemen vitamin yang diminum oral untuk meremajakan kulit dari dalam. Selain itu, cobalah mengkonsumsi teh  hijau yang merupakan salah satu sumber terbaik antioksidan dan juga bertindak sebagai antiinflamasi.

Itulah beberapa kebiasaan salah yang dapat merusak kulit, semoga bermanfaat. Nah ada baiknya anda memperhatikan kebiasaan anda sehari-hari, dengan memperhatikan kesehatan pada umumnya maka tentunya dapat menjaga kulit anda.

Terimakasih telah mengunjungi blog kami tips sehat online.

Kebiasaan Salah Yang Dapat Merusak Kulit Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kerusakan terhadap kulit dapat terjadi dari beberapa hal yang tanpa anda sadari, salah satu kebiasaan salah yang dapat merusak kulit ialah tidur tanpa membersihkan rias wajah. Dampak buruk akibat dari kerusakan kulit ini tentunya...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *