Kandungan Nutrisi dan Manfaat Alami Ikan Salmon

Diposkan oleh : pada tanggal 4 May. 2017 Kategori Makanan Sehat manfaat

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Alami Ikan Salmon,- Apakah Anda termasuk salah satu penggemar ikan salmon ? Seperti yang telah diketahui ikan salmon ini kerap kali direkomendasikan sebagai makanan sehat. Hal ini disebabkan karena ikan salmon memiliki kandungan nutrisi serta khasiat yang baik bagi tubuh. Maka tak heran jika ikan yang satu ini cukup banyak dipilih dan diminati sebagai salah satu menu sehat.

Ikan salmon juga dianggap sangat ampuh untuk diet sehat karena beberapa manfaat yang ditawarkannya. Mengonsumsi salmon dapat memberikan manfaat baik bagi rambut, kulit, persendian, dan juga otak.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Alami Ikan Salmon yang Perlu Diketahui

Manfaat ikan salmon bagi tubuh sangat beragam, karena ikan yang satu ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Salmon juga sudah lama dikenal sebagai ikan yang kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Kaya akan nutrisi, ikan salmon menjadi favorit diantara pakar kesehatan, dokter, dan penggemar kebugaran. Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dan manfaat alami ikan salmon yang menjadikannya ikan sehat yang patut dikonsumsi :

  • Omega 3

Oemga 3 ditentukan dan disebut sebagai asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat mensintesisnya sendiri dan harus didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Karena salmon memiliki minyak ikan yang tinggi, maka omega 3 terjadi secara alami didalamnya.

Omega 3 adalah asam lemak yang sangat penting bagi tubuh, mendorong sendi dan kulit yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu perkembangan otak. Tidak hanya itu, asam lemak omega 3 juga membantu mencegah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, arthritis, depresi, gangguan otak, kealinan kulit dan beberapa jenis kanker. Bahkan banyak peneliti yang membuktikan bahwa konsumsi omega 3 juga baik untuk kesehatan kardiovaskular.

  • Protein

Tubuh tersusun oleh protein, sehingga penting untuk mendapatkannya dari sumber yang paling alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa salmin mengandung molekul protein bioaktif kecil yang memberikan dukungan khusus untuk tulang rawan sendi, efektivitas insulin dan pengendalian peradangan di saluran pencernaan.

Protein yang ditemukan dalam salmon membantu tubuh menjaga metabolisme yang sehat yang meningkatkan penurunan berat badan. Didalam 100 gram salmin fillet terkandung 22-23 gram protein.

  • Vitamin

Salmon mengandung vitamin seperti B1, B2, B3, dan B5 dalam jumlah optimum. Maka dari itu, penting unruk memaasukkannya dalam menu harian Anda untuk mempertahankan gaya hidup aktif yang sehat. Vitamin yang terdapat dalam salmon ini terlibat dalam beberapa proses penting dalam tubuh. Proses ini teramsuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi, mendiptakan dan memperbaiki gen DNA dan mengurangi peradangan yang memicu kemungkinan penyakit jantung.

Menurut penelitian terbaru, vitamin B dari semua jenis membantu menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf. Tidak hanya itu, salmon juga kaya akan kandungan vitamin D yang dapat mempromosikan tulang dan gigi sehat serta dapat membantu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah dan beberapa jenis kanker.

  • Mineral

Kandungan nutrisi ikan salmon yang terakhir yaitu mineral. Ikan salmom termasuk sumber mineral seperti fosfor, pottasium, dan selenium. Salmon liar memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi. Didunia buah, pisang dianggap memiliki kadar potasium yang tinggi. Di sisi lain, salmin mengandung potasium 10% lebih banyak dibandingkan dengan pisang.

Kalium perlu dikonsumsi untuk membantu mengendalikan kadar tekanan darah, dan potasium membantu mencegah kelebihan retensi air dalam tubuh. Fosfor memainkan banyak peran dalam tubuh. Ini termasuk membangun tulang dan gigi yang kuat, menjaga keseahtan jantung dan meningkatkan kesehatan ginjal yang baik.

Jenis mineral lain yang ditemukan pada salmon adalah selenium. Selenium membantu melawan penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan penyakit tiroid. Asupan mineral yang rendah berkontribusi pada penurunan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyembangan beberapa jenis kanker dan mudah terkena penyakit virus.

By Sri Maryati

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Alami Ikan Salmon Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Alami Ikan Salmon,- Apakah Anda termasuk salah satu penggemar ikan salmon ? Seperti yang telah diketahui ikan salmon ini kerap kali direkomendasikan sebagai makanan sehat. Hal ini disebabkan karena ikan...
Makanan Sehat manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *