Kandungan Gizi Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Jun. 2017 Kategori manfaat

Tomat memiliki nama latin lycopersicum esculentum. Tomat adalah buah yang identik dengan warna merah pada kulit dan berbiji lunak dalam daging buahnya. Selain itu, mempunyai biji yang banyak dan kadar air cukup melimpah. Rasa dari buah tomat adalah asam. Tomat biasanya dijadikan untuk bahan campuran sayuran. Namun tomat juga bisa diolah jadi jus, yang bisa menimbulkan sensasi segar ketika dinikmati. Tidak hanya itu, mengkonsumsi tomat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Tomat memiliki segudang kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dan kandungan nutrisi yang ada pada tomat diantaranya folat, kalium, sodium, mineral, serat, vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Selain itu tomat juga mengandung 4 jenis karotenoid utama yaitu lycopene, lutein, betakaroten dan alpha.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Anti kanker

Manfaat tomat bagi kesehatan yaitu antikanker. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin yang mampu menangkal dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga salah satu manfaat konsumsi tomat adalah untuk mencegah dari bahaya kanker.

Meningkatkan kemampuan mata

Tomat mengandung vitamin A yang mampu meningkatkan kemampuan mata dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukan bahwa mengonsumsi tomat bisa membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah kondisi mata yang serius.

Mengurangi rasa sakit

Tomat memilik kandungan bioflavonoid dan karotenoid yang merupakan zat anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan. Hal ini termasuk pada peradangan yang terjadi pada penyakit kronis yang biasanya memerlukan obat untuk melawan rasa sakit. Tomat juga cocok dikonsumsi oleh roang yang sering merasa nyeri seperti arthritis atau nyeri punggung.

Kesehatan jantung

Tomat memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang sangat penting untuk jantung diantaranya kalium, serat, vitamin C dan kolin.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi tomat secara langsung dalam keadaan masih segar ataupun minum jus tomat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini akan membantu anda dalam mengurangi berbagai macam gejala tekanan darah tinggi dan juga meminimalisir munculnya kom akibat tekanan darah tinggi.

Mengobati sariawan dan peradangan

Manfaat mengkonsumsi tomat juga bermanfaat untuk mengobati sariawan dan peradangan. Karena tomat mempunyai kandungan antibakteri dan juga anti peradangan yang alami dan baik untuk mengobati peradangan.

Itulah beberapa manfaat tomat bagi kesehatan. Bagi anda yang tidak suka konsumsi tomat, sebaiknya mulai dari sekarang konsumsilah tomat. Karena mengonsumsi tomat dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kandungan Gizi Dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tomat memiliki nama latin lycopersicum esculentum. Tomat adalah buah yang identik dengan warna merah pada kulit dan berbiji lunak dalam daging buahnya. Selain itu, mempunyai biji yang banyak dan kadar air cukup melimpah. Rasa...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *