Kandungan dan Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Dec. 2016 Kategori Makanan Sehat

Okra atau sering disebut juga jari wanita ataupun barnia adalah salah satu jenis tanaman berbunga abadi yang termsuk tanaman genus hibicus dari keluarga Malvaceae (kapas-kapasan).

kandungan-dan-manfaat-okra-merah-bagi-kesehatan

Tanaman yang cukup banyak digemari ini ternyata kaya akan protein yang dipercaya dapat memberikan beragam manfaat. Selain itu, okra juga memiliki beragam vitamin dan mineral yang dapat membuat Anda tertarik untuk mengonsumsinya.

Berikut ini beberapa manfat okra merah berdasarkan kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya :

Vitamin C

Manfaat okra merah yang pertama berasal dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Di dalam 100 gram okra setidaknya terkandungn vitamin C sekitar 23 mg. Kandungan vitamin C ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Serat

Okra merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang terkandung di dalam okra adalah serat larut. Serat jenis ini sama dengan serat yang terkandung didalam oatmeal. Dengan kandungan serat larut tersebut, okra dipercaya dapat mencegahkonstipasi dan dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, kandungan serat yang terdapat didalam okra juga dipercaya baik untuk penderita diabetes, karenad apat meningkatkan kerja hormon insulin yang berhubungan dengan meningkatnya kontrol gula darah yang lebih baik.

Protein

Selain kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur, ternyata protein juga terkandung didalam okra merah. Adapun manfaat protein itu sendiri adalah untuk membuat sel baru dalam tubuh serta memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Magnesium

Berkat kandungannya yang kaya akan magnesium, okra menjadi salah satu makanan yang dapat merangsang hasrat seksual atau afrodisiak. Pasalnya, kandungan magnesium ini membantu tubuh menjadi lebih rileks secara alami. Selain magnesium, okra juga mengandung vitamin B, folat, zinc, dan zat besi yang menjaga kesehatan organ intim.

Sebelum mengolah okra, pastikan terlebih dahulu okra telah dicuci dengan bersih. Karena beberapa varietas hibrida okra mungkin telah mengalami semprotan insektisida atau pestisida. Berikut ini beberapa saran pengolahan okra :

  • Okra adalah salah satu sayuran yangbanyak digunakan di negara-negara beriklim tropis. Cara pengolahannya adalah dengan dicincang, atau diiris, kemudian di rebus atau digoreng dengan minyak panas. Hal ini dilakukan untuk melembutkan tekstur mucilaginous okra. Atau bisa juga dikombinasikan dengan sayuran lain, nasi, atau daging.
  • Di Pulau karibia, okra dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sup, ataupun diolah bersama-sama dengan ikan.
  • Dapat digunakan sebagai bahan pembuat acar, ataupun bisa juga diawetkan seperti sayuran lain.
  • Daun okra juga bisa dimasak atau dikonsumsi mentah seperti salad
  • Di Mesir, okra diolah bersama dengan daging dompa ataupun sapi

By. Sri

Kandungan dan Manfaat Okra Merah Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Okra atau sering disebut juga jari wanita ataupun barnia adalah salah satu jenis tanaman berbunga abadi yang termsuk tanaman genus hibicus dari keluarga Malvaceae (kapas-kapasan). Tanaman yang cukup banyak digemari ini ternyata kaya akan...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *