Jumlah Detak Jantung Normal Per Menit Pada Orang Dewasa

Diposkan oleh : pada tanggal 25 Mar. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Jantung adalah organ vital dan merupakan pertahanan terakhir untuk hidup selain otak. Denyut yang ada di jantung ini tidak bisa dikendalikan oleh manusia. Ketika anda selesai berolahraga maka detak jantung pun pasti terasa lebih cepat berdetak, berbeda dengan saat anda sedang bersantai. Namun, tahukah anda bahwa detak jantung setiap orang relatif berbeda? Tingkat kebugaran berpengaruh pada detak jantung rata-rata seseorang. Lalu berapa jumlah detak jantung normal per menit pada orang dewasa?

Jumlah Detak Jantung Normal Per Menit Pada Orang Dewasa

Jumlah Detak Jantung Normal Per Menit Pada Orang Dewasa

Detak jantung rata-rata selama istirahat dapat dibagi menjadi 4 kelompok usia yaitu:

  • < 1 tahun = 100-160 per menit
  • 1-10 tahun = 70-120 per menit
  • 11-17 tahun = 60-100 per menit
  • > 17 tahun = 60-100 per menit

Jika rata-rata detak jantung per menit Anda rendah, ini menunjukkan bahwa kinerja jantung Anda efisien dan memiliki kebugaran kardiovaskular yang lebih baik. Bahkan seorang atlit yang terlatih ada yang memiliki rata-rata detak jantung mendekati 40 kali per menit. Altit secara umum memiliki rata-rata 40-60 detak jantung per menit ketika beristirahat.

Jika Anda bukan orang yang gemar olahraga tetapi memiliki rata-rata detak jantung yang rendah disertai dengan keluhan pusing, sesak napas, atau bahkan ingin pingsan, maka Anda patut waspada. Itu bukan tanda bahwa kinerja jantung Anda efisien, itu tanda adanya gangguan kesehatan yang menyebabkan detak jantung jadi terlalu rendah. Jika gejala tersebut mulai anda rasakan, segera periksakan pada ahli kesehatan.

Cara Mengukur Rata-Rata Jantung Selama Istirahat

Untuk mengukur rata-rata detak jantung per menit, caranya sederhana, cukup dengan mengecek denyut nadi anda, dengan cara tempatkan telunjuk dan jari tengah anda di sisi leher bagian samping tenggorokan. Alternatif lain adalah dengan mengecek denyut nadi di pergelangan tangan-tempatkan telunjuk dan jari tengah pada sisi samping (sisi jempol) pergelangan tangan. Kalau denyut nadi sudah terasa, hitung setiap denyutnya selama 15 detik. Angka yang didapatkan kemudian dikali 4 hasilnya adalah jumlah rata-rata detak jantung anda selama 1 menit.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

| Jumlah Detak Jantung Normal Per Menit Pada Orang Dewasa

Jumlah Detak Jantung Normal Per Menit Pada Orang Dewasa Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jantung adalah organ vital dan merupakan pertahanan terakhir untuk hidup selain otak. Denyut yang ada di jantung ini tidak bisa dikendalikan oleh manusia. Ketika anda selesai berolahraga maka detak jantung pun pasti terasa lebih...
Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *