Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan Peliharaan

Diposkan oleh : pada tanggal 26 Sep. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Ketika mengisi waktu senggang atau liburan, tidak jarang kita sering menghabiskannya bersama keluarga atau hewan kesayangan Anda. Memang, memiliki hewan peliharaan bisa menghibur kita setelah penat bekerja. Namun, perlu diketahui juga bahwa memelihara hewan juga memiliki risiko penyakit yang ditularkan dari hewan peliharaan.

jenis-penyakit-yang-bisa-ditularkan-hewan-peliharaan

Rabies bukanlah satu-satunya penyakit yang bisa ditularkan hewan peliharaan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita mengetahui jenis penyakit yang bisa ditularkan hewan peliharaan berikut ini :

  • Demam Cakaran Kucing

Cakaran kucing bisa menyebabkan orang yang terkena terinfeksi Bartonella. Bakteri ini menyebabkan demam dan pembengkakan kelenjar getah bening. Bakteri ini sebenarnya ada dikotorannya, kemudian berpindah ke kukunya. Maka dari itu, Stull mengingatkan pentingnya untuk menjaga kesehatan kucing secara keseluruhan agar tidak menularkan penyakit pada Anda.

  • Kuman Perut

Sakit perut yang tidak jelas penyebabnya bisa jadi berasal dari bakteri anjing atau kucing peliharaan. Campylobacter jejuni yang disebarkan dari kotoran kucing atau anjing. Bakteri dan organisme dari feses bisa berpindah ke tangan dan melalui aktivitas sehari-hari  bisa masuk ke mulut. Mungkin Anda tidak menyentuh kotoran hewan tersebut secara langsung. Namun, kucing atau anjing peliharaan Anda mungkin menduduki sofa fan Anda menyentuhnya sebelum memegang makanan. Maka dari itu, cucilah tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan.

  • Parasit

Di dalam kotoran anjing dankucing terdapat parasit mikroskopis yang dikenal dengan Cryptosporidium dan GiaGiardia duodenalis. Hal ini bisa menyebabkan Anda sakit perut. Pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun setelah membersihkan rumah.

  • Cacingan

Penyakit ini dapat ditularkan melalui kotoran binatang. Telur cacing dapat masuk ke dalam tubuh dengan banyak cara, salah satunya melalui tangan yang kurang bersih setelah membelai bulu hewan peliharaan. Selain rutin memandikan hewan, Anda juga harus senantiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah bermain dengan hewan peliharaan agar tangan terbebas dari telur-telur cacing.

  • Toksoplasma

Toksoplasma merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat mengakibatkan keguguran berulang pada ibu hamil atau gangguan pada otak bagi penderita HIV-AIDS. Namun, hal ini dapat dicegah dengan cara tidak memberiakn makanan-makanan mentah kepada hewan peliharaan, jangan membiarkan hewan peliharaan berburu tikus, cuci tempat makannya setiap hari, serta bersihkan perliharaan setiap saat.

  • Rabies

Penyakit ini ditularkan melalui hewan lain yang terinfeksi virus rabies. Biasanya di dapat ketika peliharaan berkelahi dengan hewan yang sudah tertular. Rabies merupakan penyakit yang sangat mematikan, anjing ataupun kucing dapat menularkan rabies melalui luka gigitan. Untuk mencegah hal tersebut, berikanlah vaksin raibies secara berkala setiap tahunnya untuk peliharaan Anda.

  • Kurap

Hewan peliharaan yang bisa mengakibatkan seseorang terkena kurap adalah kucing, namun anjing juga bisa. Hal ini terjadi jika seseorang melakukan sentuhan dengan hewan peliharaan yang terinfeksi ataupun benda yang pernah bersentuhan dengan hewan ini. Untuk mengurangi risiko akan penyakit kurap, segera bawa hewan peliharaan Anda ke dokter hewan jika mereka menunjukkan tanda-tanda kurap seperti lesi pada wajah, kaki dengan bentuk lingkaran dengan pinggiran berwarna merah.

  • Meningitis

Jenis penyakit yang bisa ditularkan hewan peliharaan selanjutnya yaitu meningitis. Bakteri Pasteurella multocida dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening, demam, dan meningitis walaupun dalam kasus yang jarang. Bakteri ini hidup di mulut kucing dan anjing. Anda bisa tertular jika hewan peliharaan menngigit atau menjilat hidung, mulut, atau mata Anda.

By Sri

Jenis Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan Peliharaan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ketika mengisi waktu senggang atau liburan, tidak jarang kita sering menghabiskannya bersama keluarga atau hewan kesayangan Anda. Memang, memiliki hewan peliharaan bisa menghibur kita setelah penat bekerja. Namun, perlu diketahui juga bahwa memelihara hewan...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *