Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Orang Kurus Yang Ingin Berotot

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Feb. 2018 Kategori Gaya Hidup Sehat

Sebagian besar dari kaum pria pasti mendambakan memiliki tubuh yang kekar dan berotot, termasuk mereka yang memiliki badan kurus.

Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Orang Kurus Yang Ingin Berotot

Sebenarnya tidak sulit kok, selain dengan menjaga pola makan tetap sehat dan teratur, Anda juga harus berolahraga dengan rutin, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Nah, Anda yang berbadan kurus, bisa melakukan beberapa jenis latihan olahraga untuk membantu membentuk tubuh lebih berotot bak binaragawan. Apa saja? Ini dia selengkapnya.

1. Lakukan push up.

Gerakan push up menjadi salah satu latihan paling efektif untuk membentuk dan memperkuat otot bahu, dada dan lengan. Mulai dengan posisi tengkurap di lantai dengan tangan sedikit terbuka lebih lebar. Pastikan tangan tetap sejajar lurus dengan bahu. Baru setelahnya, angkat tubuh Anda menggunakan lengan dan biarkan berat badan Anda ditopang oleh tangan dan pangkal jari kaki.

Tahan perut sekencang mungkin untuk beberapa detik, hal ini bertujuan untuk tubuh Anda membentuk garis lurus dari bahu sampai ke pergelangan kaki. Kemudian, turunkan tubuh sampai dada hampir menyentuh lantai, pastikan siku Anda terselip di dekat batang tubuh. Lakukan gerakan ini secara berulang sebanyak 5 set (1 set terdiri dari 15 sampai 20 kali push up). Tingkatkan intensitas dan modifikasi gerakan push up setiap minggu sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Squats.

Squat adalah latihan untuk melatih dan membentuk hampir setiap otot di tubuh Anda. Jadi, jangan lupakan rutinitas squat jika Anda ingin memiliki tubuh berotot seperti seorang binaragawan. Caranya mudah saja, pastikan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka lebar. Kemudian, tangan arahkan lurus ke depan, turun secara perlahan seperti posisi jongkok setengah berdiri. Lakukan squat untuk 4 set (satu set 8 kali repetisi) selama 45 menit tiga kali seminggu.

3. Bench press.

Bench press merupakan sebuah latihan yang bagus bagi siapapun yang ingin membentuk otot dan kekuatan tubuh bagian atas, termasuk bagi orang dengan tubuh kurus. Latihan ini dikenal sebagai latihan gabungan karena melibatkan banyak persendian dan kelompok otot utama, seperti punggung, dada, dan lengan. Gerakan dari latihan Bench press bahkan melibatkan beberapa otot kaki untuk menjaga tubuh Anda terkendali selama gerakan. Yang harus diingat adalah, latihan ini sebaiknya dilakukan dengan didampingi instruktur agar aman dan terhindar dari cedera.

4. Deadlift.

Deadlift termasuk latihan kekuatan yang melibatkan otot punggung, otot pinggul, dan kaki. Latihan ini termasuk satu dari sekian banyak latihan yang menargetkan otot tubuh di bagian atas dan bawah. Melakukan Deadlift dengan bentuk yang baik sangat penting untuk mengurangi risiko cedera, terutama cedera punggung.

Kunci dari gerakan deadlift yaitu menjaga punggung tetap lurus. Untuk Anda yang berbadan kurus, pilihlah beban yang paling ringan terlebih dahulu. Baru setelah seiring berjalannya waktu, Anda dapat menambah beban lebih berat.

Dan berikut ini adalah cara melakukan Deadlift:

  • Buka kaki selebar pinggul dan berdirilah dengan posisi bahu berada di depan alat.
  • Pastikan lengan harus lurus ke bawah dan berada di luar lutut.
  • Kemudian, tekuk lutut hingga tulang kering menyentuh palang beban.
  • Angkat beban dengan mendorong tumit Anda dari lantai dan posisi badan tidak terlalu condong ke depan ataupun ke belakang.
  • Jaga beban tetap dekat dengan tubuh, angkat hingga ke atas paha.
  • Kemudian dorong pinggul ke belakang, kemudian tekuk lutut Anda ketika beban mencapai ketinggian lutut.
  • Lalu jatuhkan beban ke lantai
  • Jika ini adalah kali pertama Anda, sebaiknya lakukan deadlift dengan pengawasan pelatih pribadi agar terhindar dari cedera yang tidak diinginkan.

Posted by Hani.

Jenis Olahraga Yang Tepat Untuk Orang Kurus Yang Ingin Berotot Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebagian besar dari kaum pria pasti mendambakan memiliki tubuh yang kekar dan berotot, termasuk mereka yang memiliki badan kurus. Sebenarnya tidak sulit kok, selain dengan menjaga pola makan tetap sehat dan teratur, Anda juga...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *