Jenis Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Jan. 2015 Kategori Makanan Sehat

Jenis makanan untuk menjaga gula darah agar tetap stabil,- Selamat datang kembali di website kami tips sehat online, kami akan memberikan informasi tentang jenis makanan untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah mengacu kepada tingkat glukosa didalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Diabetes melitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagal nya pengaturan gula darah.

makanan untuk menjaga gula darah tetap stabil

Bagi penderita diabetes untuk menjaga pola makan yang benar dan sehat, beolahraga, istirahat yang cukup serta menjauhi stress adalah langkah untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Berikut ini adalah jenis makanan yang untuk untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.

Jenis Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil

1).Brokoli, Bayam Dan Kacang Hijau

Tambahkan banyak sayur-sayuran tidak bertepung ke dalam menu anda seperti brokoli, bayam, dan kacang hijau. Makanan ini mengandung serat yang tinggi dan rendah karbohidrat sehingga ideal bagi penderita diabetes.

Sebaliknya, sayuran yang mengandung tepung seperti kentang, kentang manis, jagung juga tidak perlu disingkirkan dalam menu diet anda. Hanya saja porsinya harus disesuaikan karena tipe makanan ini membuat kadar gula darah anda melonjak dengan cepat.

Riset menemukan bahwa pola makan vegetarian rendah lemak dapat membantu penderita diabetes Tipe 2 menjaga penyakitnya dengan lebih baik. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh diabetes Care US Publication ditemukan bahwa penderita diabetes yang mengikuti menu ini mengalami penurunan dalam kebutuhan konsumsi obat.

2).Salmon Dan Daging Tanpa Lemak

Daging yang tinggi kandungan protein, tidak berpengaruh banyak terhadap kadar gula darah sebagaimana karbohidrat. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang benar, ikan, dada ayam tanpa kulit dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk menu diabetes.

Salmon terutama pilihan yang baik karena mengandung omega-3 yang sehat untuk jantung. Daging juga nerupakan sumber Chromium, mineral yang membantu insulin untuk bekerja dengan benar dan membantu tubuh untuk mencerna karbohidrat.

3).Strawberry

Beberapa penderita diabetes menjauhi strawberry karena dianggap rasanya manis. Namun dengan porsi yang tepat strawberry tidak akan membuat kadar gula melonjak terlalu jauh.. Strawberry memiliki tingkat kalori yang rendah dengan kandungan serat dan air yang tinggi sehingga meninggalkan rasa kenyang lebih lama.

4).Oats / Gandum

Oats atau gandum dapat membantu mengontrol gula darah. Walaupun oats termasuk karbohidart, namun Oats termasuk golongan karbohidrat baik karena mengandung serat laut yang tinggi, lambat dicerna dan tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis.

Tidak hanya karbohidrat berkualitas tinggi, oats juga memberikan sumber energi yang stabil untuk kita dan juga dapat membantu mengurangi berat badan. Serat yang mudah larut dalam oats menjaga kita untuk tetap kenyang lebih lama. Hal ini sangatlan penting bagi penderita diabetes tipe 2, yang cenderung obesitas. Pada saat berat badan berkurang, biasanya penderita diabetes dapat lebih baik menjaga kadar gula darahnya.

5).Minuman Berkarbonasi

Bila anda mencoba untuk menghindari kebiasaan minum minuman berkadar gula tinggi atau bosan dengan minuman yang sama setiap harinya, boleh mencoba minuman berkarbonasi bebas gula. Minuman ini memiliki banyak variasi rasa. Banyak dari minuman ini tidak mengandung karbohidrat atau kalori, jadi mereka tidak hanya baik untuk kadar gula darag tapi juga untuk menurunkan berat badan.

6).Kayu manis

Kayu manis sudah lama diketahui sebagai bumbu yang memiliki efek yang sama seperti insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah penderita diabetes. Sebuah studi di Jerman menemukan group yang mengkonsumsi ekstrak kayu manis 3x sehari selama 4 bulan mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 10.39%.

Sumber : ( dokita.co )

Jenis Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jenis makanan untuk menjaga gula darah agar tetap stabil,- Selamat datang kembali di website kami tips sehat online, kami akan memberikan informasi tentang jenis makanan untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Dalam ilmu...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *