Jenis Makanan Untuk Kesehatan Mata

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Jul. 2015 Kategori Makanan Sehat

Jenis Makanan Untuk Kesehatan Mata,- Hampir setiap aktivitas yang kita lakukan membutuhkan mata, misalnya membaca, menulis, menonton film dan sebagainya. Oleh sebab itu, kesehatan mata harus dijaga. Untuk menjaga kesehatan mata dilakukan dari luar dan dari dalam. Cara menjaga kesehatan mata dari luar adalah dengan menggunakan pelindung mata seperti helm dan kacamata ketika berkendara, supaya debu dan kotoran dari luar tidak masuk dan tidak mengganggu mata. Sebab debu & kotoran yang masuk kedalam mata bisa menyebabkan iritasi sehingga akan menyebabkan mata merah & bengkak.

Sedangkan cara menjaga kesehatan mata dari dalam  bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat yang kaya akan lutein, asam lemak omega-3, vitamin C, vitamin E, zinc dan antioksidan membantu mencegah sebagian besar masalah yang berkaitan dengan kemampuan visual di usia lanjut termasuk degenerasi makula & katarak.

makanan untuk kesehatan mata

Jenis Makanan Untuk Kesehatan Mata

1.Buah tinggi vitamin C

Seperti buah jeruk adalah buah yang sangat tinggi vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang akan menghambat kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Penelitian menunjukan bahwa retina mata kita sangat membutuhkan vitamin C, supaya sel-sel saraf mereka untuk berfungsi dengan baik sehingga penglihatan akan menjadi lebih baik. Buah lainnya yang kaya akan vitamin C ialah tomat, pepaya, dan apel.

2.Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut yang akan membantu sel retina untuk menangkal radikal bebas dan manfaatnya termasuk mengurangi resiko degenerasi makula. Berbagai macam sayuran berdaun hijau seperti sawi, kangkung, brokoli dan sebagainya.

3.Sayuran berwarna oranye

Sayuran berwarna oranye seperti wortel merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan beta-karoten uyang meningkatkan esehatan mata secara keseluruhan. Selain itu, wortel kaya akan serat dan kalium (potassium) yang juyga sangat bagus untuk kesehatan mata. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh dan serat membantu menjaga sistem pencernaan anda secara efisien.

4.Ikan salmon

Ikan-ikanan seperti ikan salmon, sarden merupakan sumber yang sangat baik dari omega-3 asam lemak yang penting untuk kesehatan mata. Selain membantu meningkatkan kesehatan mata, ikan salmon juga kaya akan vitamin D yang membantu meningkatkan kesehatan jantung serta memainkan peranan penting dalam pertumbuhan tulang yang sehat.

Demikian artikel kali ini tentang jenis makanan untuk kesehatan mata. Terimakasih telah mengunjungi blog kami tips sehat online. Semoga artikel-artikel yang kami berikan dapat bermanfaat.

Jenis Makanan Untuk Kesehatan Mata Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jenis Makanan Untuk Kesehatan Mata,- Hampir setiap aktivitas yang kita lakukan membutuhkan mata, misalnya membaca, menulis, menonton film dan sebagainya. Oleh sebab itu, kesehatan mata harus dijaga. Untuk menjaga kesehatan mata dilakukan dari luar...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *