Jenis-Jenis Sayuran Hijau

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Feb. 2015 Kategori Makanan Sehat

Jenis-Jenis Sayuran Hijau,- Ada banyak orang yang tidak menyukai sayuran hijau, khususnya anak kecil. Padahal beragam jenis sayuran sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semakin hijau warna sayuran, maka semakin tinggi pula kandungan nutrisinya. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam disebut sebagai ratu sayur karena paling banyak mengandung klorofil / zat hijau.

sayuran hijau

Jenis-Jenis Sayuran Hijau

1.Bayam

Selain tinggi serat, bayam adalah sumber zat besi yang sangat baik (2x lipat dari sayuran hijau lain) untuk kesehatan darah. Bayam juga mengandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan katarak, serta klorofil dan 13 jenis komponen yang dapat bertindak sebagai antikosidan dan antikanker. Bayam juga merupakan sumber vitamin yang kaya akan vitamin A, C, K dan folat.

2.Sawi

Sawi merupakan sayuran tinggi serat untuk membantu melancarkan pencernaan tubuh. Sawi memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Sawi memiliki kemampuan antioksidan karena vitamin C Dan E, karoten dan glukosinolatnya. Selain itu, sawi juga mengandung kalsium, magnesium dan asam folat dapat membantu menyehatkan tulang. Sawi juga dapat mencegah peradangan dan mampu mencegah berbagai jenis kanker.

3.Kangkung

Kangkung mengandung banyak zat gizi seperti vitamin A. Vitamin C pada kangkung juga cukup tinggi, namun tidak sebanyak bayam dan daun singkong. Mineral yang ditemukan pada kangkung meliputi kalsium , fosfor dan kalium. Zat gizi lainnya yang terdapat pada kanggung adalah vitamin B kompleks  dapat membantu meningkatkan hormon yang menciptakan suasana nyaman. Selain itu, ekstrak kangkung juga ditemukan dapat membantu penghambatan penyerapan gula sehingga cocok untuk yang  menderita diabetes.

4.Timun

Timun adalah salah satu sayuran yang kaya vitamin C (antioksidan), mangan, folat,(mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi), serat, magnesium, klorofil dan lutein. Timun juga bermanfaat dapat menjaga kesehatan pencernaan. Tingginya kadar air pada mentimun dapat menyegarkan tubuh.

4.Seledri

Seledri adalah sumber yang baik dari kalsium, zat besi, serta vitamin A dan C. Seledri juga mengandung komponen aktif bernama phthalides yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat laiinya dari seledri adalah dapat menurunkan kolesterol, serta memiliki komponen aktif coumarin dan acetylenics yang bisa mencegah perkembangan sel kanker.

5.Daun singkok

Daun singkong muda memiliki kandugan protein, zat besi yang cukup tinggi, serta vitamin A dan C. Dengan kandungan zat besi setara, daun singkong memiliki kandungan protein 4x lipat dan vitamin A 2x lipat dibandingkan bayam, sehingga menjadikannya sumber vitamin dan mineral harian yang bagi kesehatan anda.

6.Peria

Peria atau dikenal dengan nama pare yang tinggi akan serat, kalsium, kalium, zat besi, vitamin C dan A. Peria memiliki banyak manfaat yaitu dapat menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, sera menurunkan tekanan darah. Komponen aktifnya (saponin) juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

7.Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Brokoli kaya serat, vitamin, mineral. Selain itu juga brokoli mengandung antioksidan sulforaphane dan lutein dapat menurunkan risiko kanker. Bahkan brokoli juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan jantung.

8.Bok choy

Bok choy adalah sayuran yang tergolong jenis kubis-kubisan ini kaya vitamin A, C, D dan folat. Tidak hanya itu, Bok choy juga kaya akan kalium yang sangat baik untuk keseimbangan cairan dan kesehatan jantung. Manfaat kesehatan lainnya ialah kandungan glucosinolates sebagai antioksidan yang mampu mencegah kanker prostat dan payudara.

9.Buncis

Buncis adalah sayuran yang kaya akan vitamn K, C dan A serta mengandung folat, mangan, kalium, zat besi dam serat. Buncis juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan serat pada buncis juga mengandung senyawa menurunkan risiko diabetes tipe-2 dan reaksi inflamasi yang lain.

Dapatkan manfaat tambahan dengan mengkonsumsi jus sayuran , karena meskipun tidak mendapatkan serat tapi nutrisi, mineral dan vitaminnya akan langsung diserap oleh tubuh.

Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online.

Jenis-Jenis Sayuran Hijau Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jenis-Jenis Sayuran Hijau,- Ada banyak orang yang tidak menyukai sayuran hijau, khususnya anak kecil. Padahal beragam jenis sayuran sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semakin hijau warna...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *