Jenis-jenis Sariawan Yang Perlu Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 8 Dec. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Hampir seluruh orang kemungkinan pernah mengalami sariawan. Tapi tidak banyak yang mengetahui jenis-jenis sariawan ringan sampai berat. Padahal jenis sariawan berat menghalangi cara bicara, mengunyah dan menelan. Sariawan dalam istilah medis dinamakan dengan stomatitis, yakni peradangan dan rasa sakit pada mulut. Sariawan bisa terjadi dibagian pada mulut, termasuk juga pipi, gusi, lidah dan langit-langit.

Jenis-jenis Sariawan Yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Sariawan dan Penyebabnya

Sariawan dibagi jadi beberapa jenis, dan penyebab sariawan juga berbeda-beda pada tiap jenisnya. Berikut jenis-jenis sariawan dan penyebabnya:

Stomatitis aphtous

Stomatitis aphtous atau dinamakan juga dengan ulkus aphtous ialah jenis sariawan yang sering terjadi dan adalah ulkus ( luka sariawan) yang berupa pucat atau kuning dengan pinggir luarnya berwarna kemerahan baika satu ataupun kelompok yang terletak pada mulut kebanyakan berlangsung pada pipi bagian dalam, bibir dan lidah.

Penyebab sariawan stomatitis aphtous belum diketahui dengan cara pasti. Namun ada beberapa factor yang memicu timbulnya jenis sariawan ini yakni infeksi bakteri atau virus , kekurangan gizi, kurang tidur,stres, trauma terhadap mulut, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, makanan tertentu seperti kopi, cokelat, keju, kentang dan kacang-kacangan.

Selain itu, jenis sariawan ini pula dapat disebabkan oleh system daya tahan tubuh yang melemah akibat flu, perubahan hormonal, atau kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

Sariawan herpes simplex

Sariawan herpes simplex disebabkan oleh infeki virus herpes. Ciri-ciri sariawan yang berkelompok terhadap bibir bagian dalam, sedangkan herpes pada kulit sekitar bibir berisi cairan yang lambat laun bakal berkerak atau keropeng.

Sebelum muncul sariawan biasnaya didahului dengan rasa kesemutan, nyeri atau pedih seperti terbakar. Terkadang disertai dengan pertanda yang serupa pilek atau flu.

Sariawan iritasi

Iritasi pada mulut bisa mengakibatkan lapisan mukosa mulut jadi rusak setelah itu timbul ulkus atau luka sariawan. Penyebab sariawan iritasi yakni penggunaan kawat gigi atau peralatan gigi lain yang tajam dan gigi yang patah, penyakit gusi, makanan atau minuman yang panas, paparan radiasan pada pengobatan kanker, alergi pada hal-hal tertentu. tergigitnya pipi, lidah atau bibir dan penyakit autoimun yang mempengaruhi lapisan mukosa mulut seperti penyakit lupus dan penyakit crohn.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis sariawan yang dapat kami hadirkan di website tips sehat. Semoga dapat bermanfaat.

Jenis-jenis Sariawan Yang Perlu Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Hampir seluruh orang kemungkinan pernah mengalami sariawan. Tapi tidak banyak yang mengetahui jenis-jenis sariawan ringan sampai berat. Padahal jenis sariawan berat menghalangi cara bicara, mengunyah dan menelan. Sariawan dalam istilah medis dinamakan dengan stomatitis,...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *