Jenis Fobia Teraneh Yang Pernah Ada!

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Oct. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Selamat datang kembali pada tips sehat online! Senang sekali rasanya mengetahui bahwa Anda masih senantiasa mengunjungi situs kami ini. Seperti sebelum-sebelumnya, saatnya saya berbagi informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan. Kali ini topik yang cukup menarik mengenai Jenis Fobia Teraneh Yang Pernah Ada! Ingin tahu selengkapnya? Yuk, simak berikut ini.

phobia

Mungkin diantara Anda para pembaca memikiki fobia tertentu. Fobia, atau ketakutan yang berlebih memang merupakan hal wajar pada manusia. Yang paling umum seperti fobia ketinggian, fobia makanan tertentu sampai fobia binatang. Diluar topik mengenai fobia umum tersebut, ada beberapa fobia yang bisa dikategorikan aneh atau bahkan bisa dibilang tidak masuk akal. Kira-kira apa saja jenis fobia tersebut? Ini dia selengkapnya.

1. Phobophobia

Fobia berarti memiliki ketakutan terhadap sesuatu, sedangkan Peladophobia adalah ketakutan akan memiliki sebuah ketakutan. Ini jelas lebih merujuk pada psikologis dari fobia lainnya karena tidak ada rangsangan lingkungan apapun yang berangkat dari ketakutan ini. Si penderita tidak ingin memiliki ketakutan, namun sebaliknya ia telah takut dengan kemungkinan akan merasa takut. Anda mungkin akan stres hanya dengan berpikir tentang bagaimana menjelaskan fobia ini.

2. Caligynephobia

Kecantikan adalah suatu yang patut dikagumi, bukan sesuatu yang seharusnya menjadi teror. Caligynephobia adalah jenis fobia yang berlawanan dengan fakta tersebut. Fobia jenis ini mengacu pada rasa takut yang tidak beralasan dari wanita cantik. Hal ini umumnya diderita oleh remaja dan laki-laki, terutama yang memiliki orientasi tidak lurus. Hal ini menyebabkan serangan panik dan kerusakan interaksi sosial.

3. Ablutophobia

Mandi adalah bentuk penting dari kehigienisan pribadi. Namun, orang yang mengalami Ablutophobia tidak percaya jika mencuci dan membersihkan dapat dilaksanakan karena ini sesuatu yang meneror mereka. Hal ini biasanya ditemukan pada wanita atau anak-anak yang mengalami ketidakstabilan emosional karena trauma masa lalu atau alasan menyedihkan lainnya.

4. Chorophobia

Menari bukan hanya bentuk populer dari olahraga, tapi tema universal yang dipeluk oleh setiap kebudayaan di seluruh dunia. Namun, ada orang yang lebih suka tetap duduk dalam acara-acara sosial karena mereka terlalu malu atau tidak nyaman untuk melakukannya, bahkan pada saat mereka diharapkan untuk menari.

5. Scopophobia

Fobia ini adalah ketakutan untuk dilihat atau ditatap. Ini mungkin tampak tidak masuk akal, tapi penderita Scopophobia memiliki ketakutan ekstrim akan menarik perhatian kepada diri mereka sendiri. Akibatnya, mereka menjadi penyendiri dan sulit didekati. Mereka menjadi paranoid ketika ada orang yang melihat, sehingga mereka cenderung tinggal di rumah dan mengucilkan diri, benar-benar menolak untuk ditarik keluar dari dunia mereka sendiri. Jika pergi keluar, biasanya mereka akan menutupi diri menggunakan jaket, topi, kacamata, masker, atau benda lainnya. Fobia ini mungkin disebabkan oleh pengalaman yang amat buruk pada masa lalu dan menyebabkan trauma seumur hidup.

6. Hexakosioihexekontahexaphobia

Fobia ini memiliki ketakutan dari angka 666. Kebanyakan orang mungkin bahkan tidak menyadari adanya fobia ini. Di samping angka 13, angka 666 juga angka yang diasosiasikan dengan nasib buruk dan hal-hal negatif. Angka ini juga menjadi lambang pengikut anti Kristus.

7. Spectrophobia

Bayangkan Jika Anda takut berdiri di depan kaca atau melihat refleksi dir Anda sendiri. Ini berarti menghindari segala macam benda yang dapat memantul, seperti mobil yang mengilap, genangan air, kolam renang, kacamata hitam dari orang lain, dan bahkan monitor komputer atau laptop. Ketakutan ini terkait dengan ketidakmampuan seseorang untuk menerima ketidaksempurnaan di wajah atau tubuh, seperti tahi lalat atau tanda lahir. Tanda-tanda ini mungkin hasil dari beberapa peristiwa malang di masa lalu yang ingin dilupakan.

8. Arachibutyrophobia

Fobia ini berkenaan dengan ketakutan melihat selai kacang yang melekat pada suatu benda. Cara untuk terbebas atau mencegah ketakutan ekstrim ini adalah dengan tidak memakan selai kacang apapun atau resep yang mengandung bahan selai kacang. Jangan pernah membeli selai kacang jika Anda merasakan sensasi ngeri hanya dengan melihatnya.

9. Peladophobia

Jika Anda merasa sangat terganggu dan khawatir setiap kali melihat orang berkepala botak, mungkin Anda menderita Peladophobia. Fobia ini mungkin disebabkan entah karena pengalaman masa kecil atau faktor keturunan.

10. Cathisophobia

Jika Anda merasa cemas, mengalami kesulitan bernapas, dan/atau biasanya berkeringat sangat banyak setiap kali Anda duduk, maka dapat dikatakan jika Anda menderita Cathisophobia. Takut untuk duduk ini mungkin merupakan akibat dari peristiwa traumatis dimana Anda menerima rasa sakit dan hukuman ketika duduk.

Unik-unik bukan? Demikianlah beberapa jenis fobia yang tidak umum terjadi namun memang dapat terjadi! Jadi, jangan pernah menganggap sepele jika fobia sudah terjadi. Sebaiknya lakukan sesuatu terhadap fobia Anda seperti terapi psikologis dan lainnya. Semoga membantu. Salam!

Jenis Fobia Teraneh Yang Pernah Ada! |

Jenis Fobia Teraneh Yang Pernah Ada! Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali pada tips sehat online! Senang sekali rasanya mengetahui bahwa Anda masih senantiasa mengunjungi situs kami ini. Seperti sebelum-sebelumnya, saatnya saya berbagi informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan. Kali ini topik yang...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *