Jenis Daun Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Sep. 2015 Kategori Tips Sehat

Tips sehat online kali ini akan memberikan informasi tentang jenis daun yang bermanfaat untuk kesehatan. Alam indonesia kaya akan daun tumbuhan yang berkhasiat. Sejak zaman nenek moyang dahulu, daun dan tumbuhan banyak dimanfaatkan sebagai cara alternatif untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Selain digunakan sebagai obat , ada beberapa jenis daun yang bisa dikonsumsi langsung sebagai bahan lauk makanan atau cemilan sehari-hari seperti daun singkong, kemangi, pepaya dan daun jambu biji.

daun yang bermanfaat untuk kesehatan

Jenis Daun Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

1.Daun jambu biji

Daun jambu biji merupakan daun yang banyak ditemukan dengan sangat mudah dan dimana saja. Daun jambu berkhasiat untuk mencegah sambelit, diabetes, sariawan perut, merawat gigi dan mengobati diare. Daun jambu biji memiliki astringen , zat kimi yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar sesudah mengunyah daun jambu biji. Selain itu, daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri ketika disentri. Pembunuh bakteri lain dalam jambu biji ini ialah karetinoid, vitamin C & potassium.

2.Daun sirsak

Daun memiliki banyak khasiat salah satu membantu menurunkan kolesterol. Caranya sangat mudah, cuci daun sirsak hingga bersih kemudian rebus daun sirsak tersebut dengan menggunakan air.

3.Daun pandan

Salah satu khasiat dari daun pandan ialah membantu menurunkan darah tinggi. Caranya mmebuat ramuan daun pandan  sangat mudah yaitu dengan mencuci daun pandan hingga bersih, kemudian potong-potong sampai kecil dan dibelender sampai halus. Buat seperti jus & minum satu gelas supaya tekanan darah menjadi turun.

4.Daun bayam berduri

Daun bayam berduri berkhasiat untuk memecahkan gumpalan darah yang ada didalam tubuh. Caranya sangat mudah tumbuk daun bayam tersebut, kemudian peraslah sampai mengeluarkan air & minumlah air tersebut. Tidak hanya itu, daun sisa perasan (ampasnya) bisa digunakan untuk menyembuhkan lebam yang ada ditubuh kita.

5.Daun kemangi

Daun kemangi biasanya dijadkan sebagai lalapan makanna. Selain itu, juga berkhasiat untuk mengobati demam tinggi, melancarkan ASI pada ibu menyusui, mengatasi keputihan , mengobati batuk berdahak dan masih banyak lagi.

6.Daun pepaya

Daun pepaya pada dasarnya memiliki rasa pahit. Namun daun pepaya ini kaya akan serat. Sehingga banyak digunakan sebagai obat malaria atau diare. Selain itu, daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang tinggi yang berperan penting dalam pencegahan sel-sel kanker yang berkembang didalam tubuh. Khasiat lainnya dari daun pepeya ialah melancarkan pencernaan, mengobati nyeri haid dan sebagainya.

  | Jenis Daun Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Jenis Daun Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online kali ini akan memberikan informasi tentang jenis daun yang bermanfaat untuk kesehatan. Alam indonesia kaya akan daun tumbuhan yang berkhasiat. Sejak zaman nenek moyang dahulu, daun dan tumbuhan banyak dimanfaatkan sebagai...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *