Jangan Sepelekan! Ini Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Dec. 2017 Kategori manfaat

Jangan Sepelekan! Ini Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan,- Ditengan perkembangan berbagai teknologi, termasuk dalam dunia medis saat ini, tidak sedikit masyarakat yang masih memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar sebagai solusi pengobatan. Hal ini disebabkan karena pengobatan secara tradisional diyakini memiliki khasiat yang tidak kalah baik dengan pengobatan medis serta minim akan efek samping. Selain itu, bahan-bahan alami juga relatif mudah untuk didapatkan dengan harga yang relatif lebih murah.

Diantara banyaknya tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat, pegagan merupakan salah satu diantaranya. Banyak yang mempercayai bahwa tanaman pegagan atau dikenal juga dengan nama antanan ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat pegagan untuk kesehatan ? Simak uraiannya dibawah ini !

Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, dan Australua kemudian menyebar ke berbagai negara lain. Pegagan memiliki nama lain, yaitu daun kaki kuda dan antanan.

Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan sebagai obat kulit (seperti keloid), gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.

Pegagan yang simplisiannya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Kadnungan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside diduga merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.

Dengan kandungan senyawa yang dimilikinya, maka pegagan diketahui kaya akan khasiat yang baik bagi kesehatan, diantaranya memiliki fungsi untuk membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), mengentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensi, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada didalamnya juga dapat menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (mencegah terajdinya keloid).

Manfaat pegagan bagi kesehatan lainnya diantaranya yaitu mampu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises dan salah urat, meningkatkan daya ingat, mental, dan satamina tubuh, serta menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan pada penelitian yang di lakukan di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.

Cara Pengolahan Pegagan

Sebagian besar pegagan dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan. Namun, ada juga yang diolah dengan cara dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krim, salep, obat jerawat, ataupun body lotion.

Meskipun daun pegagan memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan, namun Anda harus tetap mewaspadai risiko efek samping yang bisa timbul selama mengonsumsi pegagan, seperti diantaranya :

  • Penyakit hati. Ada kekhawatiran bahwa pegagan dapat menyebabkan kerusakan hati. Orang-orang yang sudah memiliki penyakit hati seperti hepatitis, harus menghindari penggunaan pegagan. Hal ini kemungkinan akan membuat kondisi gangguan hati memburuk.
  • Kehamilan dan menyusui. Pegagan kemungkinan akan aman digunakan oleh ibu hamil jika diaplikasikan pada kulit. Namun, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi daun pegagan, hal ini disebabakn belum cukup diketahui adanya bukti keamanan daun pegagan untuk ibu hamil. Selain itu, juga tidak cukup diketahui mengenai keamanan daun pegagan selama menyusui. Maka dari itu, ibu menyusui juga disarankan untuk menghindari pegagan.
  • Menjalani bedah. Daun pegagan bisa menyebabkan kantuk jika terlalu banyak dikombinasikan dengan obat-obatan yang digunakan selama dan setelah operasi. Bagi Anda yang akan menjalani operasi, sebaiknya hentikan penggunaan pegagan minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.
Jangan Sepelekan! Ini Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Jangan Sepelekan! Ini Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan,- Ditengan perkembangan berbagai teknologi, termasuk dalam dunia medis saat ini, tidak sedikit masyarakat yang masih memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar sebagai solusi pengobatan. Hal ini...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *