Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Anak Tantrum

Diposkan oleh : pada tanggal 3 Feb. 2018 Kategori Anak dan Kehamilan

Tidak semua orang tua mengetahui bagaimana cara menghadapi anak tantrum. Oleh karena itu, cara mengahadapi anak tantrum sangat penting untuk diketahui bagi anda yang memiliki anak tantrum. Berbagai penyebab tantrum pada anak yaitu terhalangnya keinginan anak, ketidakmampuan mengungkapkan dan berada dalam posisi tertekan atau tidak nyaman.

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Anak Tantrum

Begini Cara Menghadapi Anak Tantrum

Pahami penyebab anak tantrum

Tips menghadapi anak tantrum yaitu dengan mengetahui penyebab tantrum pada anak anda. Anda bisa mengingat kira-kira apa saja yang membuat anak anda tantrum.

Perhatikan gejala awal

Selain memahami penyebabnya, perhatikan juga tanda awal anak tantrum misalnya merengek bahkan membuang apa yang ada di tangannya, dan rewel. Bila anda mengetahui bahwa ini adalah gejala awal anak akan tantrum maka langsung berikan penanganan dengan mengalihkan perhatiannya.

Mengalihkan perhatian

Cara menghadapi anak tantrum yaitu dengan mengalihkan perhatiannya. Anda dapat memperlihatkan suatu objek yang bisa ia minati misalnya dengan menunjukan mobil yang sedang lewat dan menceritakan cerita unik dari objek tersebut.

Pindahkan anak anda ke tempat yang aman

Saat anak tantrum biasanya akan mengobjekkan benda-benda yang ada disekitarnya. Bila sudah begini amankan kondisi disekitar anak misalnya menyingkirkan benda-benda yang terbuat ari besi atau kaca yang bisa melukai anak anda bila ia menyentuhnya.

Jangan menuruti keinginan anak

Bila anak tantrum sesudah keinginannya tidak dipenuhi dan dilakukan ditempat umum yang mana orang-orang bisa terganggu, jangan sampai anda menyerah dan menurutinya sebab malu. jangan sampai anda menurutinya.

Berikan sentuhan pada anak saat tantrumnya reda

Saat tantrum anak sudah reda, maka berikan ia pelukan. Serta bisikan ia kata-kata yang menyenangkan. Bila anda melakukan sikap mengabaikan tantrumnya, jelaskan alasan hal tersebut anda lakukan karena ingin anak meminta denganbaik, bukan dengan maksud tidak peduli yang sesungguhnya.

Itulah cara menghadapi anak tantum. Bagi anda yang memiliki anak tantrum, maka cara tersebut bisa anda lakukan. Selamat mencoba.

Jangan Panik! Begini Cara Menghadapi Anak Tantrum Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidak semua orang tua mengetahui bagaimana cara menghadapi anak tantrum. Oleh karena itu, cara mengahadapi anak tantrum sangat penting untuk diketahui bagi anda yang memiliki anak tantrum. Berbagai penyebab tantrum pada anak yaitu terhalangnya...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *