Inilah Manfaat Kesehatan Dari Makanan Fermentasi!

Diposkan oleh : pada tanggal 18 Apr. 2015 Kategori Makanan Sehat

Inilah Manfaat Kesehatan Dari Makanan Fermentasi!,- Sobat Tips Sehat Online, mungkin dari beberapa Anda sangat menyukai berbagai makanan fermentasi. Jika benar, ketahuilah ternyata ada banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Untuk Anda yang belum mengetahui, fermentasi merupakan salah satu cara mengolah makanan dengan cara memanfaatkan bakteri alami yang memakan zat pati dan gula dalam makanan untuk membuat asam laktat, vitamin B kompleks, asam lemak omega 3 dan probiotik. Beberapa makanan yang sudah difermentasi diantaranya seperti acar, yogurt, kimchi, tempe, keju, dan susu mentega.

makanan fermentasi

Makanan yang sudah difermentasi juga dipercaya lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh dan mempertahankan nilai kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Tidak hanya itu, berbagai manfaat kesehatan juga dapat Anda rasakan jika mengkonsumsi beberapa makanan fermentasi, diantaranya:

1. Meredakan nyeri lambung
Sakit atau tidak nyaman pada lambung bisa diredakan dengan mengkonsumsi makanan fermentasi karena dapat mengatur produksi asam lambung. Saat pencernaan kurang memproduksi cairan, maka makanan fermentasi ini mmebantu untuk meningkatkannya.

2. Melindungi dari luka lambung
Fermentasi membentuk lapisan pelindung dalam lambung sehingga dapat terlindungi dari asam lambung. Hal ini akan membantu untuk mengurangi risiko luka bahkan bisa menyembuhkan luka.

3. Membantu pencernaan
Semakin bertambahnya usia, enzim pencernaan akan berkurang dan mengacu pada gangguan pencernaan. Nah makanan fermentasi ini dapat meningkatkan produksi cairan dalam pencernaan sehingga pencernaan pun menjadi lancar.

4. Mengatasi sembelit
Makanan fermentasi dapat meningkatkan aktivitas usus sehingga sembelit pun menjadi teratasi. Mereka dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan dari kantong empedu dan pankreas yang masuk dalam usus untuk mencerna makanan.

5. Baik untuk diabetes
Makanan fermentasi membantu sekresi insulin dari pankreas yang mengatur kadar gula darah. Karbohidrat dalam makanan fermentasi sudah dipecah oleh anti bakteri sehingga mudah dicerna dan mengurangi beban pankreas.

6. Kaya akan probiotik
Probiotik dalam makanan fermentasi meningkatkan populasi bakteri baik dalam usus. Mereka bertugas untuk melawat bakteri jahat yang menyebabkan infeksi. Mereka juga membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral.

7. Nilai gizi lebih
Makanan fermentasi kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk jantung, vitamin C yang membantu untuk melawan infeksi dan memiliki sifat menyembuh.

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan dari makanan fermentasi yang beberapa diantaranya mudah didapat bukan? Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan-makanan fermentasi lainnya asal masih dalam batas wajar! Ingat, sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik nantinya.

Semoga apa yang telah diterbitkan dalam Tips Sehat Online dapat bermanfaat untuk Anda. Salam sehat!

Inilah Manfaat Kesehatan Dari Makanan Fermentasi!

Inilah Manfaat Kesehatan Dari Makanan Fermentasi! Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah Manfaat Kesehatan Dari Makanan Fermentasi!,- Sobat Tips Sehat Online, mungkin dari beberapa Anda sangat menyukai berbagai makanan fermentasi. Jika benar, ketahuilah ternyata ada banyak manfaatnya untuk kesehatan. Untuk Anda yang belum mengetahui, fermentasi...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *