Inilah Jenis Buah-Buahan Terbaik untuk Pertumbuhan Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Nov. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan kesehatan

Inilah Jenis Buah-Buahan Terbaik untuk Pertumbuhan Anak,- Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang dapat memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Didalamnya terkandung banyak nutrizi yang penting bagi tubuh. Selain itu, ternyata buah-buahan juga dapat membantu pertumbuhan si kecil.

Buah-buahan kaya akan zat gizi esensial seperti serat, kalsium, zat besi, seng, asam folat, serta vitamin A, B, C, dan E yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Mineral dan vitamin tersebut, disebut esensial karena tumbuh tidak dapat membuatnya sendiri. Maka dari itu, si kecil disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Berikut ini merupakan beberapa jenis buah-buahan terbaik untuk pertumbuhan anak yang perlu diketahui, yaitu :

  • Pepaya

Pepaya merupakan sumber vitamin C yang murah dan cukup mudah di dapatkan. Pepaya dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 157% AKG, dimana jumlah ini tergolong sangat tinggi.

Vitamin C diperlukan untuk membentuk jaringan penyambung dalam tubuh seperti kulit, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluhd arah. Perannya pun penting dalam proses penyembuhan luka dan sistem kekebalan tubuh.

Selain vitamin C, pepaya juga kaya akan kandungan likopen, salah satu antioksidan yang dapat melindungi dan memperbaiki tubuh dari berbagai kerusakan. Likopen didalam pepaya ini jauh lebih mudah diserap dibandingkan dengan likopen dari buah atau sayuran lainnya.

  • Pisang

Pisang merupakan sumber utama mineral kalium yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, tekanan darah, dan membantu kerja otot dan jantung. Aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar sehingga konsentrasi meningkat.

Kandungan karbohidrat dalam pisang juga bisa digunakan sebagai sumber energi instan bagi anak, yang umumnya aktif secara fisik. Tentunya ini jauh lebih sehat daripada jika anak diberi makanan tinggi kalori yang minin akan kandungan gizi. Pisang juga kaya akan zat besi, asam folat, vitamin B6 dan B12, serta tembaga yang berperan dalam membentuk sel darah merah.

  • Mangga

Memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut membuat mangga menjadi buah yang banyak disukai anak-anak. Mangga kaya akan kandungan vitamin A dan C. Dalam satu mangkuk sedang potongan mangga (100 gram) memberikan 25% AKG vitamin A dan 50% AKG vitamin C.

Mangga juga kaya akan kandungan asam glutamin, yang dapat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat pada anak. Sama halnya dengan pisang, mangga juga tergolong buah yang tinggi akan kandungan kalori sehingga bisa digunakan sebagai sumber energi instan dan makanan untuk menambah berat badan anak.

  • Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Hal ini disebabkan karena alpukat memiliki tekstur yang lembut dan creamy. Kandungan lemak didalamnya sebagian besar tersusun dari asam oleat, yaitu asam lemak tak jenuh tunggak, yang penting untuk perkembangan otak.

Vitamin E merupakan vitamin larut lemak, maka dari itu banyak terkandung didalam alpukat. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang berfungsi untuk melindungi sel dari berbagai kerusakan.

Kadang mineral seng (Zn) dan vitamin E dalam alpukat juga tinggi. Mineral seng merupakan elemen penting untuk metabolisme di berbagai sistem organ sehingga sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak. Seng juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan luka.

  • Buah naga

Buah naga kaya akan zat besi dan vitamin A. Keduanya diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mata.

Kadar kalsium dan asam lemak tak jenuh (omega-3 dan omega-6) didalam buah naga cukup tinggi. Mineral kalsium berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan mencegah gangguan pernafasan. Sedangkan asam lemak tak jenuh dapat menyokong perkembangan anak.

By Sri Maryati

Inilah Jenis Buah-Buahan Terbaik untuk Pertumbuhan Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah Jenis Buah-Buahan Terbaik untuk Pertumbuhan Anak,- Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan sehat yang dapat memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Didalamnya terkandung banyak nutrizi yang penting bagi tubuh. Selain...
Anak dan Kehamilan kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *