Inilah Alasan Kenapa Napas Tetap Bau Meski Rajin Sikat Gigi

Diposkan oleh : pada tanggal 8 May. 2018 Kategori kesehatan

Inilah Alasan Kenapa Napas Tetap Bau Meski Rajin Sikat Gigi,- Selain bau badan, bau mulut merupakan salah satu keluhan yang sering membuat risih menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mencegah dan menghindari hal tersebut, menjaga kebersihan gigi sangat penting dilakukan. Menyikat gigi dan menggunakan obat kumur merupakan langkah pertama yang biasa dilakukan.

Akan tetapi, meskipun sudah rajin sikat gigi, tak jarang napas bau masih saja terjadi. Apakah Anda termasuk salah satu yang mengalaminya ?

Dalam medis, bau mulut disebut sebagai halitosis. Studi menyebutkan bahwa sebanyak 50 % populasi manusia di dunia mengalami kondisi ini. Hal tersebut bisa disebabkan karena rongga mulut mengandung ribuan mikroorganisme, baik yang menguntungkan ataupun merugikan.

Bau mulut sendiri bisa terjadi karena faktor dari dalam dan luar. Penelitian menyebutkan, 90% kasus bau mulut terjadi akibat adanya masalah pada rongga mulut, 9% akibat masalah dari sistem pernapasan, dan 1% berasal dari masalah pencernaan (gastrointestinal).

Lebih rinci, berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa napas tetap bau meski rajin sikat gigi, yaitu :

  • Radang gusi

Ditandai dengan gusi berdarah dan pembentukan karang gigi, masalah ini menyerang pada penyangga gigi (tulang dan gusi). Radang gusi menyebabkan tampilan gusi berwarna merah dan meradang.

Penelitian menemukan, kantung gusi yang terbentuk akibat radang gusi dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut.

  • Lidah kotor

Layaknya gigi, lidah yang kotor juga bisa memicu bau mulut. Ini disebabkan karena lidah yang tidak dibersihkan secara berkala karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri jahat di dalam mulut.

Baca juga : Cara Merawat Kawat Gigi Agar Terhindari dari Bau Mulut

  • Gigi berlubang dan sisa akar gigi

Gigi berlubang dan sisa akar gigi yang diabaikan bisa menyebabkan sisa makanan mudah menyangkut. Jika tidak menyikat gigi hingga bersih secara mengeluruh, maka sisa makanan yang menyangkut tersebut bisa menjadi tempat bakteri tumbuh dan berkembang. Pada akhirnya, bau mulut tidak bisa dihindari.

  • Gigi palsu

Gigi palsu cekat atau lepasan yang tidak dirawat secara rutin dan teratur bisa menyebabkan timbulnya bau mulut. Hal ini disebabkan karena gigi palsu tetap bisa kotor, bercelah atau berlubang, sehingga jika tidak dikontrol rutin oleh dokter gigi dapat menjadi tempat bagi kuman untuk bersarang. Pada akhirnya, apa lagi kalau bukan keluarnya bau tidak sedap dari dalam mulut.

  • Penyakit sistemik

Infeksi saluran napas, ganguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati juga bisa menyebabkan terjadinya bau mulut. Begitu juga dengan konsumsi obat-obatan golongan tertentu, misalnya antidepresi dan obat darah tinggi.

By Sri Maryati

Inilah Alasan Kenapa Napas Tetap Bau Meski Rajin Sikat Gigi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah Alasan Kenapa Napas Tetap Bau Meski Rajin Sikat Gigi,- Selain bau badan, bau mulut merupakan salah satu keluhan yang sering membuat risih menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mencegah dan menghindari hal tersebut, menjaga...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *