Inilah Alasan Kenapa Mata Bengkak Setelah Menangis

Diposkan oleh : pada tanggal 23 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Inilah Alasan Kenapa Mata Bengkak Setelah Menangis,- Menangis bukan hanya sekedar pelampiasan perasaan. Tetapi menangis merupakan reaksi atas tersentuhnya hati oleh sebuah kejadian. Arti ari mata yang tercurah saat menangis merupakan ungkapan perasaan atas kebahagiaan, kekecewaan, juga kesedihan.

Rasanya hampir semua orang pernah menangis paling tidak sekali seumur hidupnya. Namun, apapun alasan tangisan tersebut, Anda pasti akan mengalami mata sembab atau bengkak setelah menangis. Terlebih lagi jika Anda menangis dalam waktu yang lama.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa mata bisa menjadi bengkak setelah menangis, padahal air mata sudah kita keluarkan saat menangis. Dan apakah setiap orang yang menangis akan mengalami hal yang sama ? Untuk mengetahui informasinya, simak uraian di bawah ini !

Inilah Alasan Kenapa Mata Bengkak Setelah Menangis yang Perlu Diketahui

Mata bengkak karena menangis merupakan hal yang wajar. Hampir semua orang pasti mengalaminya, walaupun memang seberapa besar bengkaknya akan berbeda-beda pada setiap orang.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mata bengkak setelah menangis memang disebabkan oleh air mata. Namun, mungkin banyak yang tidak mengetahui jika ada 3 jenis air mata yang diproduksi oleh kelenjar lakrimalis, yaitu kelenjar yang memproduksi air mata tersebut. Jenis air mata tersebut adalah :

  • Air mata basa, yang selalu diproduksi agar mata tidak kering.
  • Air mata refleks yang biasanya dihasilkan ketika mata kelilipan beda asing atau debu dari luar.
  • Air maat emosional, yaitu air mata yang dihasilkan akibat adanya rangsangan emosi.

Yang menjadi penyebab mata bengkak yaitu air mata emosi. Air mata yang disebabkan oleh emosi ini akan dihasilkan dalam jumlah yang banyak dan keluar terus-menerus.

Ketika hal tersebut terjadi, maka jaringan kulit disekitar mata akan menyerap air mata tersebut dan akhirnya terjadi penumpukan air di area mata. Maka dari itu, maka akan terlihat bengkak. Respon itak juga memengaruhi hal ini. Jadi, luapan emosi yang dirasakan saat itu akan membuat otak meningkatkan aliran darah ke wajah. Hal inilah yang membuat mata akan terlihat semakin membengkak.

Jika Anda merasa terganggu dengan kondisi mata bengkak setelah menangis, maka Anda bisa memberikan kompres es batu yang sudah dibungkus dengan kain, menggunakan potongan mentimun yang ditempelkan pada mata sambil beristirahat, atau menempelkan kantung teh celup bekas untuk mengatasi mata bengkak setelah menangis.

By Sri Maryati

Inilah Alasan Kenapa Mata Bengkak Setelah Menangis Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah Alasan Kenapa Mata Bengkak Setelah Menangis,- Menangis bukan hanya sekedar pelampiasan perasaan. Tetapi menangis merupakan reaksi atas tersentuhnya hati oleh sebuah kejadian. Arti ari mata yang tercurah saat menangis merupakan ungkapan perasaan atas...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *