Inilah Alasan Kenapa Mandi Setelah Olahraga Tidak Disarankan

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Inilah Alasan Kenapa Mandi Setelah Olahraga Tidak Disarankan,- Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang banyak dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah olahraga, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Bagi sebagian besar, keringat ini akan membuat tubuh bau dan lengket. Sehingga banyak yang akan segera mandi setelah berolahraga.

Namun, ternyata mandi setelah olahraga tidak disarankan oleh pakar olahraga. Langsung mandis etelah olahraga justru akan memberikan dampak negatif pada tubuh dan kesehatan. Benarkan demikian ?

Alasan Kenapa Mandi Setelah Olahraga Tidak Disarankan

Mandi setelah berolahraga bisa membantu Anda untuk meringankan nyeri otot dan sendi. Selian itu, mandi juga membantu membersihkan keringat dan bakteri di tubuh. Lalu, apakah setelah olahraga boleh langsung mandi ? Dan jawabannya adalah tidak.

Mandi setelah berolahraga bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan Anda. Dan berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa mandi setelah olahraga tidak disarankan yang perlu diketahui, yaitu :

  • Mudah terserang flu

Ini bisa terjadi jika Anda mandi dengan air dingin setelah olahraga. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh yang mengalami penurunan drastis, padahal saat olahraga panas tubuh sedang naik. Jika ingin mandi, maka tunggulah sekitar 30 menit samapi 1 jam dan gunakan air hangat.

  • Sakit kepala

Ketika berolahraga, bukan hanya badan yang akan mengeluarkan keringat, tetapi seluruh bagian yang memiliki kelenjar keringat, teramsuk kepala. Maka dari itu, ketika Anda mandi setelah olahraga, maka kepala akan terasa sakit, itu karena hawa dingin dari air akan membuat kepala yang masih basah dan panas terkejut.

  • Risiko terkena serangan jantung

Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih cepat. Jika Anda langsung mandi setelah olahraga, maka hal tersebut akan membuat jantung mengalami shock karena perubahan suhu tubuh yang menyebabkan tekanan darah turun secara drastis. Akan lebih baik jika Anda memberi jeda selama beberapa menit sebelum mandi setelah berolahraga.

  • Mengalami nyeri sendi dan rematik

Langsung mandi setelah olahraga juga bisa memicu nyeri sendi akibat rematik, karena hawa dingin dari air terkena suhu tubuh yang masih belum turun. Bahkan jika Anda memiliki penyakit osteoporosis ini akan terasa sangat sakit.

  • Kelenjar keringat tidak berfungsi dengan baik

Saat olahraga maka pori kulit akan terbuka lebar untuk mengeluarkan keringat. Setelah itu, jangan segera mandi pasalnya fungsi kelenjar keringat akan tidak maksimal. Biarkan suhu tubuh menurun dengan normal dan alami hingga pori kulit menutup sendiri.

By Sri Maryati

Inilah Alasan Kenapa Mandi Setelah Olahraga Tidak Disarankan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah Alasan Kenapa Mandi Setelah Olahraga Tidak Disarankan,- Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang banyak dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah olahraga, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya. Bagi sebagian...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *