Inilah 5 Efek Samping Terlalu Lama Duduk

Diposkan oleh : pada tanggal 23 Nov. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Duduk santai dalam beberapa waktu atau tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita tetap duduk dalam beberapa jam lamanya menjadi salah satu hal yang wajib diwaspadai. Mengapa ? Berikut ini adalah beberapa alasan bahwa duduk terlalu lama memberikan efek samping dan harus diwaspadai.

Efek Samping Duduk Terlalu Lama

efek samping terlalu lama duduk
Memicu sakit leher dan sakit punggung

Duduk terlalu lama sampai beberapa jam dapat mengakibatkan munculnya rasa sakit di bagian leher, punggung, serta tulang belakang yang menjadi penyokong ketika sedang duduk. Hal tersebut bisa terjadi akibat aliran darah yang tak bekerja secara maksimal dan tak adanya gerakan lain yang dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama, sehingga menyebabkan persendian menjadi kaku dan nyeri.

Gangguan pada postur tubuh

Gangguan pada postur tubuh akibat dari terlalu lama duduk ini tak seperti rasa sakit pada leher dan punggung yang bisa langsung terjadi tak lama kemudian setelah anda duduk terlalu lama. Gangguan postur tubuh terjadi pada rentang waktu yang cukup lama sampai bertahun-tahun akibat sendi dan tulang yang mengalami perubahan fungsi.

Pembekuan darah

Terlalu lama duduk juga dapat mengakibatkan pembuluh darah pada kaki tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, berisiko mengalami pembengkakan dan penyakit varises. Bahkan pada jangka panjang jika kebiasaan tersebut tetap berjalan, akan memicu terjadinya pembekuan darah yang efek lebih lanjutnya mengarah pada penyakit jantung dan stroke.

Baca juga : Alasan Seseorang Tidur Mendengkur dan Cara Mengatasinya

Memicu obesitas

Banyak duduk atau terlalu lama duduk, akan membuat anda menjadi seseorang yang pasif, sehingga dapat menghambat pembakaran kalori tubuh. Hal seperti ini tentunya akan membuat anda mengalami kenaikan berat badan bahkan sampai pada angka masksimal (obesitas) serta berisiko menderita penyakit diabetes.

Memicu stres

Terlalu lama duduk yang membuat anda tidak banyak melakukan peregangan otot akan menyebabkan peningkatan beban pada otak sehingga memicu timbulnya stres.

Sebenarnya, jika memang pekerjaan kita yang menjadi alasan untuk berlama-lama dalam posisi duduk, memang sulit dihindari. Namun kita boleh sesekali beranjak dari meja kerja atau paling tidak meregangkan otot walau hanya sebentar saja.

Inilah 5 Efek Samping Terlalu Lama Duduk Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Duduk santai dalam beberapa waktu atau tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita tetap duduk dalam beberapa jam lamanya menjadi salah satu hal yang wajib diwaspadai. Mengapa ? Berikut ini adalah beberapa alasan bahwa duduk terlalu...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *