Ini yang Perlu Dilakukan Jika Tergigit Anjing

Diposkan oleh : pada tanggal 30 Sep. 2016 Kategori Tips Sehat

Anjing memangmerupakan salah satu hewan yang dikenal setia dan bersahabat, sehingga tidak sedikit orang yang memilihnya sebagai hewan peliharaan. Walaupun demikian, anjing tetaplah hewan karnivora atau pemakan daging yang bisa menyeran dan menggigit manusia kapanpun.

Gigitan anjing merupakan kasus gigitan hewan terbanyak di dunai. Diperkirakan sekitar 90% kasus gigitan hewan disebabkan oleh anjing. Statistik Amerika memperkerikana bahwa 4.5 juta orang di Amerika Serikat di gigit oleh anjing setiap tahunnya. Setengah dari jumlah tersebut adalah anak-anak yang berusia sekitar 5-9 tahun. Menurut Centers for Disease Control (CDC), 1 dari 5 gigitan anjing tersebut atau sekitar 27 ribu kasus membutuhkan pertolongan medis yang cukup serius.

ini-yang-perlu-dilakukan-jika-tergigit-anjing

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan jika tergigit anjing, diantaranya :

  • Pertolongan Pertama di Rumah

Ketika Anda di gigit oleh anjing, segera bersihkan luka gigitan dengan air keran yang mengalir. Atau jika tersedia, akan lebih baik jika Anda menggunakan cairan infus steril. Setelah luka bersih, oleskan cairan antiseptik untuk meminimalkan infeksi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan salep antibiotik, lalu menutup luka dengan kain kasa steril dan perban.

  • Pengobatan oleh Dokter

Meskipun Anda berpikir bahwa luka gigitan anjing tersebut kecil dan tidak membutuhkan penanganan medis, namun jangan lupa untuk selalu mencari tahu status rabies anjing tersebut. Jika anjing tersebut telah diberikan vaksin rabies, maka Anda aman. Walaupun begitu, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan antibiotik tambahan jika diperlukan dan suntik vaksin tetanus.

Terlebih lagi jika luka yang dihasilkan oleh gigitan anjing tersebut besar dan dalam, serta darah sulit berhenti, maka segeralah pergi ke klinik atau rumah sakit dengan fasilitas yang memadai. Luka tersebut kemungkinan perlu di jahit, dan Anda membutuhkan suntikan antibiotik, vaksin tetanus, dan serum tetanus.

Selain dengan melakukan beberapa hal tersebut, alangkah baiknya jika Anda juga melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari gigitan dari anjing. Jika Anda memiliki keinginan untuk memelihara anjing, maka disarankan untuk memilih jenis anjing yang bertempramen lebih kalem. Jika Anda berjalan kaki, usahakan untuk menghindari anjing liar yang ada di jalanan. Pastikan juga agar Anda tidak pernah meninggalkan anak-anak sednirian bersama anjing tanpa pengawasan orang dewasa.

Perlu diingat, jangan panik, menjerik, atau pun belarli jika seekor anjing tiba-tiba menjadi agresif dan tampak ingin mengejar. Tetaplah tenang, bergerak perlahan, dan hindari menjadi kontak mata dengan ajing tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika tergigit anjing. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu mengatasi cedera akibat gigitan anjing yang Anda alami.

By. Sri

Ini yang Perlu Dilakukan Jika Tergigit Anjing Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anjing memangmerupakan salah satu hewan yang dikenal setia dan bersahabat, sehingga tidak sedikit orang yang memilihnya sebagai hewan peliharaan. Walaupun demikian, anjing tetaplah hewan karnivora atau pemakan daging yang bisa menyeran dan menggigit manusia...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *