Ini Dia Gejala Awal Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Jan. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Kolesterol adalah zat lemak yang disebut sebagai lipid dan mempunyai peran penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi secara normal. Diproduksi di dalam hati dan juga dapat diberikan dari beberapa jenis makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Nutrisi Penting Supaya Tidur Lebih Baik

Kolesterol diedarkan dalam darah dengan bantuan protein dan ketika keduanya sudah bergabung, maka akan menjadi lipoprotein. Lipoprotein ada 2 jenis yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) atau disebut dengan kolesterol jahat dan HDL (High Density Lipoprotein) atau disebut juga kolesterol baik yang dapat melarutkan kolesterol jahat pembentuk timbunan plak pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan aterosklerosis yang keduanya bersemayam di dalam tubuh.

Gejala Awal Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Kadar kolesterol yang berlebihan atau disebut hiperlipidemia dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Parahnya, ketika kadar kolesterol dalam darah sudah melebiji batas normal (160-200mg), tidak ada gejala apapun yang dirasakan (meski sebenarnya ada), dan hal ini dapat mengancam kondisi kesehatan anda. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi yaitu penyakit jantung dan stroke, untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya anda mengetahui beberapa gejala awal kolesterol tinggi dalam tubuh.

Ini Dia Gejala Awal Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Berikut dibawah ini beberapa tanda awal kolesterol tinggi yang harus diwaspadai.

  1. Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak, hal ini karena suplai darah dan oksigen terhambat akibat penumpukan plak pada pembuluh darah
  2. Sering sakit kepala, karena adanya peningkatan kolesterol menjadikan arterioskerosis (pengerasan pembuluh darah). Aliran darah yang mengalir ke otak terhambat.
  3. Cepat mengantuk, karena kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan terkadang menutup pembuluh darah, aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat sehingga seseorang cepat mengantuk. Jika anda sering merasakan 3L yaitu lelah, letih dan lesu, ada baiknya anda segera mengecek kadar kolesterol tubuh anda.
  4. Mudah lelah, orang yang mengalami kolesterol tinggi sistem vital tubuhnya terganggu sehingga mudah lelah. Apakah anda sering bangun tidur dan terasa asih capek seharian? jika anda berusia 30 tahun dan sering mengalami gejala ini, segeralah periksa kesehatan anda secara rinci.
  5. Kesemutan, ini terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar.

Bila anda menemukan beberapa ciri-ciri awal anda mengalami kenaikkan kolesterol seperti diatas, segeralah lakukan penangan secara dini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

| Ini Dia Gejala Awal Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Ini Dia Gejala Awal Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kolesterol adalah zat lemak yang disebut sebagai lipid dan mempunyai peran penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi secara normal. Diproduksi di dalam hati dan juga dapat diberikan dari beberapa jenis makanan yang dikonsumsi. Baca...
Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *