Ini Berbagai Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 25 Nov. 2017 Kategori manfaat

Makanan pokok yang sudah menjadi kebutuhan wajib oleh orang indonesia adalah beras. Beras putih adalah beras yang paling umum dikonsumsi oleh sebagian besar indonesia. Padahal beras tidak hanya beras putih saja, tapi ada beras merah dan beras hitam. Namun kali ini akan membahas tentang manfaat beras hitam untuk kesehatan.

Ini Berbagai Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Beras hitam mempunyai berbagai macam kandungan manfaat bagi kesehatan. Dan kandungan nutrisi yang ada pada beras hitam yaitu karbohidrat, asam lemak, serat, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, niacin, asam panthotenic, fosfor, potasium, protein, riboflavin, vitamin B-6 dan zinc.

Berbagai Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Menurunkan resiko diabetes

Manfaat beras hitam untuk kesehatan adalah dapat menurunkan resiko diabetes dan obesitas. Hal ini dikarenakan beram hitam memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya yang bisa membantu memperlambat penyerapan gula di dalam aliran darah. Selain itu juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu penyerapan gula (glukosa) oleh tubuh dalam periode waktu yang lebih lama.

Mencegah IBS

Beras hitam memiliki kandungan serat yang dapat membantu mencegah IBS (irrtable bowel sindrom). Salah satu gejala dari IBS (irrtable bowel sindrom) adalah timbulnya rasa tidak nyaman seperti terasa nyeri di perut saat buang air besar (BAB).

Menyehatkan sistem pencernaan

Selain mencegah IBS (irrtable bowel sindrome), beras hitam juga bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Karena beras hitam memiliki kandungan serat yang dapat membantu sistem pencernaan selalu sehat.

Kesehatan jantung

Selain melakukan olahraga, cara menjaga kesehatan jantung juga adalah dengan mengonsumsi makanan sehat salah satunya dengan mengonsumsi beras hitam. Hal ini dikarenakan beras hitam memiliki kandungan antosianin fitokimia yang dapat menjaga kadar kolesterol segat dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Dengan begitu, maka akan dapat membantu mengurangi pembentukan plak aterosklerosis yang berbahaya di arteri yang pada akhirnya akan membantu menjaga arteri tetap sehat sehingga mampu menurunkan resiko serangan jantung.

Sebagai antioksidan yang efektif

Beras merah memiliki kandungan antosianin antioksidan yang bermanfaat dapat melindungi tubuh dari serangan kanker, meningkatkan fungsi otak, mengurangi terjadinya peradangan dan menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

Itulah beberapa manfaat beras hitam bagi kesehatan. Masih banyak lagi manfaat lainnya dari beras hitam bagi kesehatan. Setelah mengetahui khasiat dan manfaat beras hitam, diharapkan untuk mengonsumsi beras hitam.

Baca juga:

Manfaat Terapi Musik Bagi Anak Autis

Ini Berbagai Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Makanan pokok yang sudah menjadi kebutuhan wajib oleh orang indonesia adalah beras. Beras putih adalah beras yang paling umum dikonsumsi oleh sebagian besar indonesia. Padahal beras tidak hanya beras putih saja, tapi ada beras...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *