Hentikan Kebiasaan Konsumsi Makanan Kemasan! Ini Alasannya

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Mar. 2018 Kategori kesehatan

Hentikan Kebiasaan Konsumsi Makanan Kemasan! Ini Alasannya,- Siapa yang tidak pernah mengonsumsi makanan kemasan ? Sebagian besar masyarakat mungkin sudah pernah mengonsumsinya. Terlebih lagi, saat ini banyak jenis makanan yang sudah tersedia dalam bentuk kemasan, mulai dari susu, jus, daging olahan, buah-buahan, sampai makanan ringan.

Hadirnya makanan kemasan memang sangat memudahkan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanan sendiri. Walaupun demikian, alangkah baiknya Anda berhenti mengonsumsi makanna kemasan. Pasalnya ada banyak bahaya makanan kemasan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Perlu diketahui, didalam makanan kemasan terkandung zat gizi yang minim, hanya ada kalori dan garam yang tinggi yang daoat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari obesitas, diabaetes, stroke, hipertensi, dan penyakit berbahaya lainnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan kemasan. Mengapa demikian ? ternyata ini alasannya :

  • Mengandung bahan kimia

Saat diproses menjadi makanan kemasan, bahan makanan yang tadinya bernutrisi malah menjadi minum gizi. Begitu juga dengan rasanya, ketika diolah makan memiliki rasa yang berbeda dari aslinya. Untuk menggantikan nutrisi dan membuat rasa makanan kemasan lebih enak, sebagian besar produsen akan menambahkan bahan kimia dan perasa tambahan.

  • Tinggi kalori dan minim nutrisi

Biasanya makanan kemasan hanya memiliki kalori tinggi tanpa nutrisi. Terkadang mereka juga minin vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Padahal, vitamin dan mineral tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Jadi, vitamn dan mineral hanya bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Jika makanan yang dikonsumsi tidak mengandung nutrisi, maka organ dalam tubuh pun tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga akan mudah terkena berbagai jenis penyakit. Kalori tinggi akan meningkatkan risiko obesitas yang merupakan sumber dari penyakit metabolik, seperti diabaetes, hiperetnsi, dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Kandungan MSG, kalium benzoat, dan kalsium benzoat

Kadnungan yang terkandung dalam makanan kemasan ini bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Misalnya Parkinson, Alzheimer, dan kerusakan tiroid jika dikonsumsi setiap hari.

  • Nutrisi hilang saat pengolahan

Bahan makanan mentah yang tadinya sehat, jika sudah diproses menjadi makanan kemasan, maka kandungan nutrisi yang ada didalamnya akan menghilang bersamaan dengan proses pengolahan tersebut. Memang tidak semua makanan olahan tidak sehat, tetapi beberapa sebaiknya dihindari karena mengandung kadar garam, gula, dan lemak yang tinggi.

  • Kemasan yang tidak aman

Ketika membeli makanan kemasan, seberapa sering Anda memperhatikan bahan dari kemasannya ? Beberapa makanan kemasan memiliki wadah yang tidak aman, salah satunya bisphenol A (BPA). Penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat larut dalam makanan atau minuman. Jika masuk ke dalam tubuh dalam dosis yang besar, maka BPA dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat, dan penyakit jantung.

By Sri Maryati

Hentikan Kebiasaan Konsumsi Makanan Kemasan! Ini Alasannya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Hentikan Kebiasaan Konsumsi Makanan Kemasan! Ini Alasannya,- Siapa yang tidak pernah mengonsumsi makanan kemasan ? Sebagian besar masyarakat mungkin sudah pernah mengonsumsinya. Terlebih lagi, saat ini banyak jenis makanan yang sudah tersedia dalam bentuk...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *