Hal Menarik yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tidur

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Dec. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Berita Kesehatan.- Kala tubuh sedang lelah-lelahnya, merebahkan tubuh di kasur langsung cepat tertidur. Saat bangun sudah pagi, tanpa kita merasakan sesuatu saat tidur.

Padahal, ada banyak hal menarik yang terjadi pada tubuh saat tidur. Mulai dari suhu tubuh menurun hingga terbangun beberapa kali tanpa disadari. Dilansir dari liputan6.com, berikut ini beberapa hal menakjubkan yang tidak kamu sadari saat tidur.

Hal Menarik yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tidur

Hal Menarik yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tidur

Penurunan suhu tubuh
Ketika baru saja tertidur, suhu tubuh pelan-pelan akan menurun. Penurunan tersebut adalah sinyal bagi otak untuk mengeluarkan hormon melatonin agar tidur menjadi semakin nyenyak.

Pembuangan racun
Saat tidur nyenyak, tubuh akan bekerja membuang racun. Hal ini membuat tubuh dan otak lebih muda atau bekerja lebih baik di keesokan harinya.

Sedangkan pada orang yang tidak tidur nyenyak, filtrasi tidak berjalan efektif. Hal inilah yang membuat para ahli menyatakan orang-orang yang kurang tidur bisa tak sehat.

Tubuh ‘lumpuh’ tapi otak aktif
Otak seseorang yang tidur dan bermimpi itu sebenarnya lebih aktif dibandingkan orang yang bangun. “Sebuah teori mengungkapkan, saat tidur Anda mengatur pikiran dan belajar, muncul informas-informasi. Namun tidak ada yang tahu mengapa otak benar-benar aktif saat tidur,” terang profesor neurologi dan direktur UCLA Sleep Disorders Center, dokter Alon Avidan Y.

Ia juga mengungkapkan, aktifnya pikiran saat tidur dapat membuat penemuan-penemuan penting dalam kehidupan.

Terjadi penyortiran informasi
Menurut dokter yang berkecimpung di bidang tidur dari UCLA School of Medicine, Christopher Colwell mengungkapkan bahwa,”Saat bangun, otak menerima semua informasi. Namun jika semua disimpan, otak akan penuh. Untungnya saat tidur terjadi proses pemilahan informasi mana yang dianggap penting dan tidak,”.

Perbaikan sel-sel tubuh dan otak
Saat kita beraktivitas di siang hari, banyak hal yang rusak di tubuh. Pada saat tidur, ini saatnya tubuh untuk memperbaiki bagian sel-sel dan otak yang rusak. Inilah alasan mengapa para peneliti kerap mengingatkan pentingnya tidur cukup dan berkualitas.

Sistem kekebalan tubuh berada pada puncaknya
Sebuah studi menunjukkan orang yang menerima vaksin flu lalu kurang tidur di malam harinya, tidak menciptakan anatibodi yang diperlukan tubuh untuk melindungi serangan dari flu.

“Bila Anda kurang tidur, lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi berulang-ulang,” ucap pendiri dan direktur BlueSleep Center di New York, dokter Jordan Stern.

Ia juga menyarankan bila merasakan gejala infeksi saluran pernapasan atas, coba untuk tidur selama 10 jam.

Terbangun beberapa kali
Saat tidur seseorang terbangun 5 hingga 15 kali per jam. Ini biasanya terjadi saat peralihan tahapan tidur.

Itulah hal menarik dan menakjubkan saat tidur yang tidak kamu ketahui.

 

| Hal Menarik yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tidur

Hal Menarik yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tidur Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berita Kesehatan.- Kala tubuh sedang lelah-lelahnya, merebahkan tubuh di kasur langsung cepat tertidur. Saat bangun sudah pagi, tanpa kita merasakan sesuatu saat tidur. Padahal, ada banyak hal menarik yang terjadi pada tubuh saat tidur....
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *