Gejala Wanita Yang Segera Memasuki Masa Menopause

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Mar. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Selamat datang kembali, pada situs kesehatan Tips Sehat Online, kali ini masih seputar tips kesehatan yang pastinya akan bermanfaat untuk Anda khususnya untuk wanita dewasa.

Adalah Menopause, Menopause adalah masa yang akan dan pasti dilalui oleh semua kaum wanita, yang menjadi tanda bahwa wanita mengalami penurunan jumlah kadar hormon estrogen dalam darah. Menopause umumnya terjadi pada wanita di usia 40-an atau 50-an.

Gejala Wanita Yang Segera Memasuki Masa Menopause

Berdasarkan pendapat para ahli, gejala Menopause pada wanita dapat dikenali jika sudah terjadi beberapa tandanya, seperti :

  • Vagina kering.

Perubahan hormon berarti dinding vagina mengalami pengurangan jumlah cairan yang diproduksi serta elastisitasnya. Beberapa wanita dapat merasa hal ini begitu tidak nyaman, namun banyak juga yang baru menyadarinya saat melakukan hubungan seksual. Tidak hanya itu, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk merasa terangsang juga meningkat seiring bertambahnya usia. Penggunaan pelumas vagina bisa menjadi pilihan dalam mengatasi masalah tersebut.

  • Infeksi kemih.

Pada umumnya, wanita sangat rentan terkena infeksi kemih karena anatominya. Namun risikonya akan meningkat saat perimenopause. Anda mungkin bisa menyadarinya dari frekuensi buang air kecil dan adanya rasa sakit saat berkemih. Ini sangat diperlukan untuk pemeriksaan lebih lanjut dari ahli kesehatan. Berkurangnya kemampuan menahan urin pun turut dialami oleh wanita, karena elastisitas otot-otot telah menurun. Siasati dengan rutin melakukan latihan dasar panggul.

  • Perubahan suasana hati.

Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati di mana mereka merasa mudah marah, sedih dan melankolis. Mereka juga sering merasa tertekan dan bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri kadang-kadang. Kurangnya kualitas tidur pun dapat berpengaruh dalam mudah berubahnya suasana hati. Karenanya, cobalah untuk olahraga rutin dan pola makan sehat untuk memastikan tingkat gula darah Anda stabil karena dapat membantu mengatasi masalah ini.

  • Jadwal menstruasi tidak teratur.

Efek perubahan hormon mempengaruhi ovarium melepas sel telur dan ini bisa membuat menstruasi Anda lebih lama atau lebih pendek, bahkan tidak terjadi sama sekali dalam beberapa bulan. Ini bisa jadi merupakan tanda gejala awal atau terlambat akan perimenopause. Tidak terjadinya menstruasi selawa kurun waktu 3 bulan atau bahkan lebih ataupun menstruasi yang sangat banyak, biasanya dikaitkan dengan kelelahan atau napas pendek sebaiknya diperiksa dokter, terutama jika Anda berusia di bawah 40 tahun.

  • Kegerahan / kepanasan.

Mengalami kegerahan atau kepanasan tidak hanya karena cuaca, ingat jika cuaca dan tubuh Anda tidak singkron perlu diwaspadai, apalagi jika Anda adalah seorang wanita dewasa. Ini umum terjadi dalam perimenopause. Durasi dan intensitasnya dapat beragam sepanjang siang atau malam hari. Kondisi ini seringkali menjadi penyebab insomnia dan gangguan tidur pada wanita. Serangan panas ini terjadi akibat fluktuasi hormonal dan bisa berbeda pada tiap wanita. Kondisi tersebut terjadi antara dua sampai lima belas tahun lamanya. Siasati dengan menggunakan pakaian yang nyaman, mengurangi kelebihan berat badan, membatasi alkohol, atau makanan panas, juga bisa mengurangi gejalanya.

  • Rendah kalsium.

Ketika tingkat estrogen berkurang dalam tubuh, tulang mulai kehilangan kalsium. Jadi jika Anda mengalami sakit sendi atau tulang yang lemah, itu bisa berarti masa menopause sedang mendekati Anda.

  • Palpitasi.

Pada dasarnya hormon reproduksi wanita melindungi jantung dari kerusakan. Ketika masa menopause sudah dekat, kondisi itu akan mulai mempengaruhi kesehatan jantung. Palpitasi termasuk tanda masalah jantung.

  • Infertilitas.

Jika kadar hormon dan menstruasi menjadi tidak teratur, Anda akan memiliki kesulitan untuk hamil. Infertilitas atau ketidaksuburan menjadi hal yang umum di antara wanita yang mendekati menopause dini.

Nah, jika Anda kaum wanita sudah mengalami tanda-tanda seperti diatas segera lakukan pemeriksaan ya. Lakukan pola hidup sehat untuk selalu menjaga badan tetap bugar dan kuat, jadi Menopause tidak akan menghalangi Anda untuk tetap aktif dan sehat dalam menjalani hari-hari seperti biasa. Semoga bermanfaat, salam!

Gejala Wanita Yang Segera Memasuki Masa Menopause |

By : Hani Handayani

Gejala Wanita Yang Segera Memasuki Masa Menopause Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang kembali, pada situs kesehatan Tips Sehat Online, kali ini masih seputar tips kesehatan yang pastinya akan bermanfaat untuk Anda khususnya untuk wanita dewasa. Adalah Menopause, Menopause adalah masa yang akan dan pasti...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *