Inilah Gejala Tubuh Alami Dehidrasi yang Harus Diwaspadai

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Nov. 2017 Kategori kesehatan

Inilah Gejala Tubuh Alami Dehidrasi yang Harus Diwaspadai,- Minum air putih secara cukup setiap hari sangat disarankan dan baik bagi kesehatan. Dua per tiga bagian tubuh manusia adalah cairan. Sehingga tubuh perlu asupan air yang cukup agar dapat berfungsi secara optimal. Sedikit saja ada kekurangan air, maka tubuh akan bereaksi.

Maka dari itu, pastikan agar kondisi air di tubuh tetap stabil agar tidak terkena dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan cairan lebih banyak dibandingkan dengan cairan yang masuk. Ketidakseimbangan cairan dalam tubuh ini bisa mempengaruhi kadar kandungan lain dalam tubuh, seperti kadar garam dan gula, hingga mungkin dapat menyebabkan penggumpalan darah.

Dilihat dari tanda dehidrasi, kondsii kekurangan cairan ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu dehidrasi ringan, dehidrasi sedang, dan dehidrasi berat. Pada kasus dehidrasi berat, jika tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan kematian.

Tanda-tanda atau gejala dehidrasi terkadang sering tidak terlihat. Untuk bisa mengatasi dehidrasi dengan cepat, berikut ini gejala tubuh alami dehidrasi yang harus diwaspadai, yaitu :

*) Mata cekung

Tanda dehidrasi yang pertama yang bisa ditemukan yaitu mata menjadi cekung. Jika bagian bawah kelopak mata menajdi semakin besar dan mata terlihat sayu, itu artinga Anda telah memasuki kondisi dehidrasi sedang dan dapat berpotensi menuju dehidrasi berat.

*) Bibir menjadi kering

Sama halnya dengan mata yang menjadi cekung, tanda dehidrasi lainnya adalah bibir menjadi kering. Selain bibir mengering, mukosa mulut (rongga mulut) juga akan menjadi kering.

*) Badan lemas

Ini merupakan salah satu tanda dehidrasi yang bisa diketahui dengan mudah. Jika tubuh terasa semakin lemas dan malas untuk minum air, maka Anda harus waspada. Pasalnya, pada saat itulah dehidrasi di dalam tubuh akan semakin memburuk.

*) Tangan dan kaki menjadi dingin

Karena tidak emndapatkan distribusi darah dan cairan yang cukup, maka organ-organ di dalam tubuh akan didahulukan dalam distribusi darah. Alhasil, suplai darah ke bagian perifer seperti ujung jari kaki dan tangan akan dikorbankan. Karena alasan inilah bagian ujung jari tangan ataupun kaki bisa menjadi dingin.

*) Berkurangnya jumlah urin

Normalnya, jika jumlah air yang masuk ke tubuh terlalu banyak, maka sebagian besar akan dikeluarkan melalui urin. Namun, pada kondisi dehidrasi, tubuh yang kekuyrangan cairan akan berusaha mempertahankan cairan yang tersisa dengan cara mencegah pengeluaran cairan. Maka dari itu, ketika seseorang mengalami dehidrasi, maka jumlah urin akan berkurang atau bahkan tidak buang air kecil sama sekali.

*) Kesadaran menurun

Setelah badan terasa semakin lemas, yang akan terjadi selanjutnya yaitu penurunan kesadaran. Berasal dari respon yang semakin berkurang, lama-kelamaan jika dehidrasi tidak diatasi bisa menyebabkan kehilangan kesadaran. Hal ini terjadi karena otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Padahal, tubuh memerlukan air sebagai transportasi untuk membawa darah ke seluruh tubuh.

*) Jantung berdebar

Ketika dehidrasi, untuk memenuhi kebutuhan suplai darah ke seluruh organ tubuh, maka jantung akan bekerja lebih ekstra untuk memompa darah. Agar organ tetap mendapatkan suplai darah yang cukup, maka jantung akan berdetak lebih cepat. Pada kondisi ini penderita dapat merasakan jantungnya menjadi berdebar-debar melebihi kondisi normal.

By Sri Maryati

Inilah Gejala Tubuh Alami Dehidrasi yang Harus Diwaspadai Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah Gejala Tubuh Alami Dehidrasi yang Harus Diwaspadai,- Minum air putih secara cukup setiap hari sangat disarankan dan baik bagi kesehatan. Dua per tiga bagian tubuh manusia adalah cairan. Sehingga tubuh perlu asupan air...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *