Gejala Penyakit Crohn yang Tidak Boleh Diabaikan

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Dec. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Crohn’s Disease atau penyakit crohn merupakan salah satu penyakit radang usus dan merupakan kondisi jangka panjang yang mana peradangan bisa terjadi pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada bagian akhir usus kecil (ileum) atau usus besar.

Kondisi ini bisa terasa menyakitkan, membuat tubuh merasa lemah, dan terkadang bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa penderitanya. Diare kronis dan gejala gangguan pencernaan adalah 2 gejala khas penyakit Crohn. Sebenarnya, gejala penyakit Crohn tidak hanya itu saja, tetapi masih ada beberapa gejala umum lainnya, namun tidak nampak dengan jelas.

Penyebabnya mungkin karena Crohn adalah penyakit radang saluran pencernaan yang juga bisa mendatangkan bahaya pada sistem lain di dalam tubuh.

Sebagai langkah awal, Anda perlu mengetahui 5 gejala penyakit Crohn yang tidak boleh diabaikan berikut ini :

  • Berat badan turun

Jika Anda mengalami diare kronis dan merasa terlalu sakit untuk makan, tentu saja berat badan Anda akan hilang. Terkadang dalam kasusu penyakit Crohn, usus bahkan dapat terhalang oleh makanan yang keras dan sulit untuk dicerna, seperti sayuran, jagung, popcorn, dan kacang-kacangan.

  • Diare

Diare yang terjadi selama lebih dari 4 minggu adalah salah satu gejala yang paling umum dari Crohn dan ini disebabkan oleh peradangan kronis. Namun, diare tidak selalu berarti Anda menderita penyakit Crohn. Diare juga bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan, penyakit Celiac dan intoleransi laktosa.

Karena berpotensi tertukar dengan gejala penyakit lain, maka biasanya dokter akan melakukan budaya feses, kolonoskopi, CT scan, tes darah, atau prosedur diagnostik lainnya.

  • Perubahan mata, mulut, dan kulit

Crohn juga bisa menyebabkan peradangan dan luka di mulut yang mengakibatkan mata bengkak. Anda juga mungkin melihat tanda kemerahan seperti gigitan laba-laba pada derah kulit yang lunak dan lembut. American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa ada hubungan antara penyakit kulit psoriasis dengan penyakit Crohn.

  • Sakit perut

Scherl menyebutkan jika umumnya gejala sakit perut karena Crohn terasa di daerah kuadran kanan bawah, di bawah pusar. Daerah ini merupakan tempat usus buntu dan ileum, alias usus kecil yang merupakan bagian dari saluran pencernaan yang paling sering terkena penyakit Crohn.

Scherl mengingatkan, nyeri karena usus buntu juga terjadi pada kuadran kanan bawah ini. Bedanya, nyeri usus buntu terasa tajam dan akut, sedangkan jika terkena penyakit Crohn akan berlangsung krinis dan intemiten atau berkesinambungan.

  • Batu ginjal

Gejala penyakit Crohn yang tidak boleh diabaikan yang terakhir yaitu batu ginjal. Batu ginjal yaitu gejala ekstraintestinal penyakit radang usus yang terjadi di luar usus. Jika ileum meradang, maka penyerapan lemak dalam tubuh pun akan terganggu. Setelah itu, kalsium akan mengikat lemak yang tidak terserap dan membentuk batu ginjal.

By. Sri

Gejala Penyakit Crohn yang Tidak Boleh Diabaikan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Crohn’s Disease atau penyakit crohn merupakan salah satu penyakit radang usus dan merupakan kondisi jangka panjang yang mana peradangan bisa terjadi pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan, mulai dari mulut hingga ke anus. Namun,...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *