Gejala Dan Ciri Penyakit Infeksi Saluran Kemih Atau ISK

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Apr. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Infeksi adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Infeksi juga bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, entah bagian dalam ataupun luar. Infeksi bagian luar yang bisa ‘terlihat’ mungkin tidak akan terlalu membuat cemas karena akan langsung kita obati begitu mengetahui adanya infeksi tersebut. Namun berbeda jika infeksi terjadi pada bagian dalam tubuh, salah satunya saluran kemih. Dan infeksi saluran kemih ini sangat-sangat jarang untuk diketahui bagaimana gejala pada awalnya, dan pada akhirnya penanganan terlambat ditangani.

Gejala Dan Ciri Penyakit Infeksi Saluran Kemih Atau ISK

Infeksi saluran kemih merupakan jenis infeksi yang menyerang saluran kemih tepatnya pada salah satu bagian ginjal, ureter, vesica urinaria (kandung kemih), dan uretra. Dapat terjadi pada salah satu bagian di atas dan dapat pula bersamaan misalnya terjadi infeksi pada kandung kemih dan uretra. Penyebabnya infeksi saluran kemih sendiri tidak hanya karena infeksi bakteri, namun juga dapat disebabkan oleh jamur dan virus. Mikroorganisme tersebut bisa menginfeksi saluran kemih karena terjadinya pengosongan kandung kemih yang terhambat atau terganggu, dan iritasi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih / ISK ini memang lebih banyak terjadi pada wanita, karena wanita memiliki uretera lebih pendek dibandingkan degan pria sehingga bakteri penyebab infeksi akan lebih mudah menjangkau uretera wanita.

Dan berikut ini bisa dikategorikan sebagai gejala dan ciri mereka yang menderita infeksi saluran  kemih, diantaranya :

1. Sering buang air kecil.

Salah satu tanda paling umum dari infeksi saluran kemih atau ISK adalah dorongan untuk buang air kecil yang meningkat. Bahkan rasa ini muncul setelah Anda baru saja mengosongkan kandung kemih Anda.

2. Disuria Atau sakit pada saat buang air kecil.

Disuria atau munculnya rasa sakit ketika buang air kecil juga bisa menjadi gejala dari ISK. Tak hanya itu, jika Anda terkena ISK maka akan muncul rasa panas seperti terbakar ketika buang air kecil.

3. Terdapat darah dalam urin.

ISK terjadi karena bakteri berkembang di saluran kemih. Bakteri ini kemudian menyerang lapisan uretra yang dapat menyebabkan keluarnya darah melalui urin. Kondisi ini disebut dengan hematuria.

4. Demam tinggi dan kelelahan

Ketika infeksi bakteri ISK mencapai ginjal, maka akan terjadi demam tinggi. Selain itu Anda juga akan mengalami kelelahan dan mual.

5. Nyeri punggung

Ketika saluran kemih bagian atas terinfeksi, maka dapat menyebabkan rasa sakit di daerah punggung bawah dan pangkal paha. Dalam beberapa kasus, penderita juga mungkin mengalami sakit perut yang parah serta kram.

Beberapa kebiasaan buruk yang tidak kita sadari seperti kurangnya minum air, sering menahan kencing, atau kurangnya memperhatikan kebersihan toilet saat buang air kecil bisa menjadi penyebab dari timbulnya penyakit ISK atau infeksi saluran kemih tersebut. Maka dari itu mulailah dari sekarang hindari beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi salurah kemih.

Gejala Dan Ciri Penyakit Infeksi Saluran Kemih Atau ISK |

By : Hani Handayani

Gejala Dan Ciri Penyakit Infeksi Saluran Kemih Atau ISK Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Infeksi adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Infeksi juga bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh, entah bagian dalam ataupun luar. Infeksi bagian luar yang bisa...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *