Gejala Dan Cara Menangani Campak Jerman Pada Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 20 Dec. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan

Mungkin bagi sebagian orangtua akan merasa asing ketika mendengar nama campak jerman. Terlebih lagi gejalanya. Padahal penyakit ini adalah penyakit yang biasanya menyerang anak-anak atau remaja. Dan campak jerman ini lebih dikenal dengan nama rubella.

Gejala Dan Cara Menangani Campak Jerman Pada Anak

Sebelum masuk ke pembahasan gejala dan cara menangani campak jerman pada anak. Alangkah baiknya ketahui dahulu tentang penyebabnya. Campak jerman disebabkan oleh virus rubella. Penyebaran penyakit ini cukup mudah karena hanya dengan melalui titik-titik udara yang asalnya dari bersin ataupun batuk, maka bisa menular pada orang lain.

Orang yang paling berisiko mengidap campak rubella yaitu orang yang tidak melakukan imunisasi campak rubella dan orang yang belum pernah menderita rubella sejak kecil. Akan tetapi anak yang pernag yang pernah terkena infeksi rubella sejak kecil tidak menjamin bahwa dia terbebas dari rubella dikemudian hari.

Gejala Campak Jerman Pada Anak

Rubella mempunyai gejala yang serupa dengan flu. Gejala utama yang muncul adalah ruam di wajah yang kemudian akan menyebar ke tubuh. Tapi ruam tersebut biasanya akan hilang dama tiga hari. Gejala lainnya yaitu demam ringan, kelenjar yang membengkak, nyeri sendi dan sakit kepala.

Cara Menangani Gejala Campak Jerman Pada Anak

Penanganan medis memang diperlukan, tapi penanganan juga bisa sendiri di rumah. Berikut ini cara memangani gejala campak jerman pada anak:

  • Usahakan anak anda mencukupi asupan cairannya yaitu dengan mengkonsumsi air putih yang banyak.
  • Suruh anak banyak istirahat
  • Berikan anak air campuran lemon dan madu yang mampu membantu supaya hidung berair dan nyeri tenggorokan mereda.\
  • Konsumsi ibuprofen atau paracetamol supaya demam menurun dan nyeri berkurang.

Cara Mencegah Campak Jerman Pada Anak

Bila buah hati anda belum pernah terkena campak jerman, maka lakukan pencegahan. Cara mencegahnya yaitu dengan imunisasi. Usia anak 12 hingga 15 bulan harus mendapatkan imunisasi. Dan imunisasi yang kedua harus diberikan pada anak usia 4-6 tahun.

Demikian informasi tentang penyebab, gejala, penanganan dan pencegahan campak jerman pada anak. Bila anda merasa anak anda memiliki gejala campak jerman maka periksakan pada dokter. Walaupun tidak ada penangan khusus untuk mengatasinya.

Gejala Dan Cara Menangani Campak Jerman Pada Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mungkin bagi sebagian orangtua akan merasa asing ketika mendengar nama campak jerman. Terlebih lagi gejalanya. Padahal penyakit ini adalah penyakit yang biasanya menyerang anak-anak atau remaja. Dan campak jerman ini lebih dikenal dengan nama...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *