Gejala Batuk pada Bayi yang Harus Diwaspadai

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Apr. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan Masalah Kesehatan

tipssehatonline.web.id,- Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi. Pada dasarnya, batuk merupakan mekainisme pertahanan tubuh dimana refleks batuk dapat membantu mengeluarkan suatu benda yang ada didalam saluran napas dengan cepat. Meskipun begitu, tentu bunda akan sangat khawatir jika si kecil mengalami batuk terus menerus.

Batuk pada bayi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti diantaranya pneumonia, tuberkulosis, asma, bronkitis, dan pertusis. Batuk, terutama jika disertai dengan sesak napas bisa berkaitan dengan penyakit yang lebih serius. Namun, sayangnya banyak orangtua yang menganggap hal ini sepela. Bayi dengan penyakit tersebut seringkali dibawa ke dokter jika sudah dalam kondisi yang sulit ditolong.

Maka dari itu, para orangtua harus memperhatikan berbagai gejala lainnya yang menyertai batuk pada sikecil. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Anda harus mengetahui beberapa gejala batuk pada bayi yang harus diwaspadai berikut :

  • Batuk disertai sesak napas. Bayi tampak kesulitan bernapas dan ditandai dengan meningkatnya jumlah gerakan napas.
  • Gerakan otot di leher dan dada tampak jelas ketika bernapas. Hal ini menunjukkan adanya usaha napas yang berlebihan.
  • Terdengar suara napas yang lain, seperti mengorok atau mengi yang melengking.
  • Kulit bayi tampak biru, terutama di bibir serta ujung jari kaki dan tangan.
  • Bayi tampak lemas dan mengantuk.

Untuk mengetahui tanda bahaya batuk pada bayi, orangtua bisa menghitung napas bayi selama satu menit. Ketika bayi batuk, hitunglah gerakan napasnya selama 1 menit. Untuk bati yang berusia kurang dari 2 bulan, batasnya adalah 60 kali per menit.

Sedangkan untuk bayi berusia 2-11 bulan, batasnya adalah 50 kali per menit. Sedangkan anak yang berusia 1-5 tahun tidak boleh lebih dari 40 kali per menit. Anda bisa menghitung gerakan napas ini ketika anak sedang tidur dan dilakukan 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam.

Deteksi dini sangat penting dilakukan agar anak mendapatkan penanganan dengan segera. Jika batuk yang dialami si kecil tidak membaik dalam 2 pekan atau batuk menjadi sangat parah sehingga mengganggu pola makan dan tidur bayi, terlebih lagi jika disertai dengan muntah dan demam tinggi, maka hal tersebut perlu diwaspadai dan segeralah temui dokter.

By Sri Maryati

Gejala Batuk pada Bayi yang Harus Diwaspadai Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
tipssehatonline.web.id,- Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi. Pada dasarnya, batuk merupakan mekainisme pertahanan tubuh dimana refleks batuk dapat membantu mengeluarkan suatu benda yang ada didalam saluran napas dengan cepat....
Anak dan Kehamilan Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *