Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Selama Kehamilan

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Apr. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan Masalah Kesehatan

Gangguan kehamilan sering menyertai kehamilan seseorang, hampir semua ibu hamil mengalaminya Sayangnya tak semua ibu hamil mengetahui apa saja gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada saat hamil. Minimnya pengetahuan ibu hamil tentang gangguan yang dapat terjadi selama kehamilan membuat ibu hamil tak menyadari bila kehamilannya mengalami gangguan. Yang memperihatinkan ialah waktu ganguan itu muncul sewaktu kehamilan , ibu hamil tak tahu apa yang mesti dilakukannya.

Dalam masa kehamilan ibu hamil dapat mengalami banyak gangguan , mulai gangguan ringan hingga dengan gangguan berat. Semua gangguan yang datang & terjadi sebaiknya butuh diwaspadai & diketahui. Berikut ini berbagai macam gangguan yang dapat terjadi pada ibu hamil.

Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Selama Kehamilan

Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Selama Kehamilan

1.Sakit pinggang & punggung

Sakit pinggang & punggung selama kehamilan bisa disebabkan sebab bertambahnya beban yang mesti dibawa yang meningkatkan stes terhadap sendi atau lantaran rahim yang tumbuh besar yang bisa menekan saraf

2.Mual dan muntah berlebihan

Mual dan muntah biasanya dialami oleh ibu hamil ketika usia kehamilan 8-12 minggu. Keluhan ini akan berkurang dan berhenti ketika usia kehamilan memasuki 16 minggu. Tapi, ada pula yang mengalami mual dan muntah sampai trimester 3. Bila ibu hamil munatk setiap makan atau minum, maka termasuk mual dan muntah kategori berat. Jika tidak segera ditangani, maka akan berisiko pada kesehatan ibu serta janin yang dikandungnya.

Solusi untuk ibu hamil yang sering mual dan muntah adalah mengatur pola makan bergizi seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat tinggi, mengkonsumsi makanan atau minuman beradar air tinggi, makan dengan porsil kecil , namun sering dan hindari makanan yang berlemak serta berbumbu tajam yang dapat memicu mual selama kehamilan.

3.Anemia

Pada umumnya anemia dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan antara kebutuhan zat besi yang meningkat dengan asupan yang kurang. Pada saat hamil, ibu hamil membutuhkan zat besi dengan takaran 1000 mg. Namun, tidak semua ibu hamil memenuhi kebutuhan zat besi sehingga menyebabkan anemia. Padahal zat besi berfungsi untuk meningkatkan volume darah, massa jaringan tubuh dan pertumbuhan janin.

Makanan yang kaya akan zat besi adalah hati, daging, sayur-sayuran , buah-buahan, kacang-kacangan.

4.Sembelit

Sembelit pada ibu hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal , antara lain pola makan yang  kurang baik seperti kurangnya mengkonsumsi makanan berserat, terjadi penurunan gerakan peristaltik pada saluran cerna maka menjadi lebih lambat dari biasanya.

Cara mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, roti gandum.

5.Hipertensi

Pada saat kehamilan dapat terjadi hipertensi. Biasanya terjadi pada usia kehamilan setelah 20 minggu. Risiko hipertensi selama kehamilan adalah mengalami gangguan pertumbuhan, terlepasnya plasenta dan kematian janin. Oleh karena itu, ibu perlu mendapat pemantauan tekanan darah. Dan jika ibu hamil mempunyai riwayat hipertensi sebaiknya mengurangi konsumsi garam.

Baca juga : Obat Tradisional Ibu Hamil

6.Diabetes gestasional

Risiko diabetes pada masa kehamilan adalah kadar glukosa pada janin meningkat, yang memungkinkan bayi lahir dengan berat lahir atas 4 kg, bayi mengalami diabetes atau kelainan bawaan, mengalami perdarahan saat hamil.
Oleh karena itu, usahakan untuk mengontrol konsumsi untuk mempertahankan kadar gula dalam darah. Supaya peredaran darah lancar, maka ibu harus melakukan aktivitas ringan. Lakukan pemeriksaan gula darah sebagai upaya deteksi dini.

| Tips Sehat Online

Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Selama Kehamilan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gangguan kehamilan sering menyertai kehamilan seseorang, hampir semua ibu hamil mengalaminya Sayangnya tak semua ibu hamil mengetahui apa saja gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada saat hamil. Minimnya pengetahuan ibu hamil tentang gangguan yang...
Anak dan Kehamilan Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *