Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Jan. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan

Ada beberapa gangguan kesehatan mental yang sering terjadi pada anak. Namun sebelum masuk ke pembahasan ini, alangkah baiknya mengenal dulu gangguan mental dan penyebabnya. Banyak para orang tua yang menganggap biasa gejala awal gangguan perkembangan mental anak. Bahkan kebanyakan orang tua menganggap itu bagian dari ketidaktahuan atau merupakan proses belajar yang akhirnya dapat membuat anak normal. Padahal banyak faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan mental anak.

Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Anak

Gangguan mental pada anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya faktor lingkungan, riwayat kehamilan ketika anak dalam kandungan,genetik, trauma, riwayat penggunaan obat, penyakit fisik dan masalah gizi yang terjadi pada anak.

Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Anak

Gangguan cemas

Gangguan cemas pada anak dapat terjadi karena adanya rasa tertekan pada anak, sehingga ia selalu merasa menghawatirkan hal yang belum pasti hasilnya. Mungkin para orang tua menganggap bahwa gangguan cemas apda anak adalah hal yang biasa dialami. Padahal kondisi ini dapat terjadi secara berlebihan dan sering hingga mengganggu aktivitas sosial anak sehingga dikatakan sebagai gangguan cemas.

Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas

Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas bersifat meurobihavioral, merupakan suatu kondisi anak terasa sulit diatur. Biasanya anak cenderung seperti terkesan tidak peduli atas nasehat dari orang tua atau gurunya.Selain itu, anak akan terlihat sulit fokus pada suatu hal.

Autisme

Autisme adalah gangguan yang dialami anak dalam hal sosialisasi, tingkah laku dan berbicara. Ciri-ciri anak terkena gangguan mental ini adalah sibuk dalam dunianya sendiri, sulit dialihkan perhatiannya termasuk saat diajak berbicara atau interaksi, dan kurang menatap orang lain dan kemampuan berbahasanya kurang juga sering mengulang beberapa kata.

Retardasi mental

Retardasi mental disebut juga dengan keterbelakangan mental yang terjadi akibat gangguan perkembangan intelejensia yang disertai mental anak yang tidak sesuai dengan umurnya. Penyebabnya kemungkinan karena adanya proses patologi di otak yang disebabkan oleh infeksi, racun, trauma, gangguan gizi dan genetik. Untuk mendiagosa retardasi mental adalah dengan melakukan tes IQ dan keterampilan anak.

Gangguan makan

Gangguan makan sering terjadi pada anak. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan gangguan makan adalah adanya gangguan fisik oleh karena penyakit dan faktor psikologis anak.

Gangguan artikulasi

Gangguan artikulasi adalah suatu kondisi anak mengalami kesulitan bicara atau terganggunya dalam mengucapkan bahasa. Padahal dalam usianya, seharusnya anak telah bisa mengucapkan secara jelas. Gangguan ini bisa disebabkan oleh kelainan genetik, organ bicara, emosi dan motivasi berbicara.

Diseleksia

Diseleksia adalag suatu kondisi anak mengalami kesulitan untuk membaca. Gangguan ini dapat terlihat yaitu anak cenderung kesulitan mengenal huruf atau membedakan huruf. Dalam proses membaca, anak biasanya lambat dalam membaca atau sering mengalami kesalahan dalam membaca.

Salah satu cara mengurangi gangguan mental pada anak adalah dengan berkonsultasi pada dokter kejiwaan atau dokter ahli anak.

Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online. Baca juga artikel lainnya:

Tips Menjaga Dan Meningkatkan Kesehatan Mental

Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ada beberapa gangguan kesehatan mental yang sering terjadi pada anak. Namun sebelum masuk ke pembahasan ini, alangkah baiknya mengenal dulu gangguan mental dan penyebabnya. Banyak para orang tua yang menganggap biasa gejala awal gangguan...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *